MAKALAH / TUGAS AKHIR
Perhotelan
“Prosedur Food and Beverage Department (Tata Hidang) Dalam Melayani Customer”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................
UNIVERSITAS/SEKOLAH TINGGI ILMU.......................
FAKULTAS............................
PROGRAM STUDI..........................
TAHUN AJARAN 20.... - 20....
KATA PENGANTAR
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatu
Dengan menyebut
nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami
panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan
rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas akhir ini dengan sebuah pembahasan tentang “Food and Beverage”.
Tugas akhir ini
telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak
sehingga dapat memperlancar pembuatan tugas akhir ini. Untuk itu kami
menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi
dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu ............................. dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan tugas akhir
ini.
Terlepas dari semua
itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
tugas akhir ini.
Akhir kata kami
berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi
pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh
Palembang,
2021
Penulis
DAFTAR PUSTAKA
COVER
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 Food and Beverage
2.2 Food and Beverage Departement
2.3 Fungsi Food and Beverage Departement
2.4 Tujuan Food and Beverage Departement
2.5 Ruang Lingkup Food and Beverage Departement
2.6 Pembagian Food and Beverage Departement
2.7 Tata Hidang
2.8 Fungsi dan Tujuan Tata Hidang
2.9 Prinsip-Prinsip Dasar Tata Hidang
2.10 Ruang Tata Hidang
2.11 Tugas dan Fungsi Tata Hidang
BAB III : PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam
dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang
banyak, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per
hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan mulai dari Hotel, restoran,
kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini
menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman. Fungsi dasar dari
industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman konsumen dalam
memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai
kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk
memuaskan adalah:
1.
Fisiologis : kebutuhan makanan khusus
2.
Ekonomi : kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yg
dibayarkan
3.
Sosial : suasana yang bersahabat, terus terang
mengungkapkan perasaan
4.
Psikologis : kebutuhan untuk meningkatkan harga diri
5.
Kenyamanan : keinginan orang lain untuk melakukan
pekerjaan
Kebutuhan
ini memainkan berbagai peran besar untuk menentukan faktor, bertanggung jawab untuk
menentukan berbagai jenis metode layanan di makanan & minuman industri
jasa. Termasuk Food and Beverage salah satu
indutri jasa yang berkecimpung didalamnya. Food and Beverage
merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan
dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain di hotel,
department ini juga ada
di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun perkereta apian.
Tata Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and
Beverage Department yang pada dasarnya secara langsung menunjang serta
melaksanakan segenap fungsi Food and
Beverage Department. Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan
yang memuaskan kepada pelanggan kita perlu mempelajari tata cara yang baik dan
benar tentang “Tata Hidang” secara mendalam.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari
pemaparan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai
berikut:
1.
Apa yang dimaksud dengan
Food & Beverage?
2.
Apa yang dimaksud dengan
Food & Beverage Dapartemen?
3.
Bagaimana fungsi dari Food & Beverage Dapartemen?
4.
Bagaimana tujuan dari Food & Beverage Dapartemen?
5.
Sebutkan ruang lingkup dari Food & Beverage Dapartemen?
6.
Sebutkan pembagian Food
& Beverage Dapartemen?
7.
Apa yang dimaksud dengan Tata Hidang?
8.
Bagaimana fungsi dan tujuan dari tata hidang?
9.
Sebutkan prinsip-prinsip dari tata hidang?
10.
Sebutkan ruang dari tata hidang?
11.
Bagaimana fungsi dan tugas dari tata hidang?
1.3 Tujuan
Tujuan makalah ini adalah menambah wawasan
tentang Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang.
Selain itu pembaca juga memperoleh gambaran tentang langkah-langkah saat Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang dan juga sebagai tambahan
informasi dari penulis tentang pelayanan Tata Hidang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Food and Beverage
Definisi
food and beverage secara umum merupakan usaha di bidang makanan dan minuman,
sedangkan secara khusus nya yaitu sebuah bagian dari hotel yang mengurus atau
bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum serta kebutuhan
secara komersial dan profesional. Dengan pengertian lain adalah salah satu
jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan penginapan, makam, minum, atau
yang lainnya bagi umum dan dikelola secara komersial, dengan mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel bertaraf internasional istilah
lain food and beverage sebagai bagian dari hotel.
2.2 Food and Beverage
Department
Definisi Food and Beverage Department secara umum adalah
bagian yang mengurusi makanan dan minuman (Product). Sedangkan secara khusus adalah
divisi atau bagian yang mengurusi dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan
terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk customer,
setelah selesainya proses produksi pangan. Terkadang, melibatkan transportasi
jika ada pemisahan fasilitas produksi dan pelayanan yang dikelola secara
komersial dan professional.
S = Smile
to everyone (berikan senyuman kepada semua orang)
E = Excellent
in everything we do (kerjakan semuanya semaksimal mungkin dan memuaskan)
R = Reaching
out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh
ramah-tamah)
V = Viewing
every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian)
I = Invitting
guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat
tamu tersebut datang kembali)
C = Creating
a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap
tamu)
E = Eye
contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan
pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan
sesuatu)
2.3 Fungsi Food and
Baverage Department
Sebagai sarana yang harus ada pada
hotel/ Outlet, yang keberadaanya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi
outlet yang bersangkutan.
2.4 Tujuan Food and
Baverage Departement
Berikut
merupakan tujuan Food and Baverage Departement sebagai berikut:
· Menjual makanan dan minuman (Product) sebanyak-banyaknya dengan berorientasi target sales
· Memberikan pelayanan terbaik (Exelent Service) kepada customer.
· Exelent service, meliputi antara lain pelayanan
terbaik sesuai MOP dan SOP, quality control product, sikap karyawan (Attitude), interior venue, kebersihan
venue, kelengkapan cutleries.
· Mendapat keuntungan profit sebesar-besarnya dan
kesinambungan usaha.
2.5 Ruang Lingkup Food
and Baverage Departement
Food and
Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian :
a. Food & Beverage Product
Merupakan
department yang menyajikan makanan, menjadi berasal dari sistem pemasakan
hingga berbentuk makanan jadi. Product terbagi atas bermacam macam bagian yakni
main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana seluruh bagian berikut
membawa kegunaan yang berlainan beda tetepi mempunyai tujuan serupa yakni
menjual produck ke pembeli hotel.
b. Food & Beverge Service
Bertugas menangani penghidangan
makannan minuman, penyiapan sebagian model minuman diantaranya minuman campuran
(mixed drinks). Dalam suatu hotel F & B service berguna sebagai penjamu service makanan dan
minuman pada tamu hotel. F & B service terbagi atas 4 bagian :
1. Restaurant
2. Bar
3. Baquet
4. Room service
2.6 Pembagian Food and Baverage Department.
Food and Baverage department dapat
dibagi menjadi dua bagian sesuai tugasnya masing-masing, yaitu :
1. Front Service (Dept F&B bagian depan).
Biasanya terdiri dari restaurant, Bar, Banquet, Cafe,
Club, Ktv dan Room service. Petugas pada bagian ini langsung berhubungan
dengan tamu.
2. Back Service (Dept F&B bagian belakang).
Biasanya terdiri dari Kitchen, Stewarding, Service
bar, Storeroom, Kantin. Petugas pada bagian ini tidak langsung berhubungan
dengan customer dan harus melalui perantara pramusaji/ server.
Walaupun terpisah tapi kedua bagian
tersebut saling bergantung satu sama lain dan selalu harus bekerja sama dalam
satu tim dan department ini tidak bisa berdiri sendirikarena sangat
tergantung pada deparment lainya seperti department Housekeeping, Enginering,
Accounting, Front office, dll.
2.7 Tata
hidang
Tata artinya menyusun,
mengatur, atau menata. Hidang artinya memberikan pelayanan atau melayani
pelanggan untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman. Pengertian secara umum tata hidang adalah cara
menyusun makanan untuk memperindah makanan dan minuman yang disajikan kepada
tamu atau konsumen.
Dari kesimpulan
definisi diatas bahwa Tata hidang adalah cara menata atau menyusun, menghias
dan menyajikan mekanan dengan menggunakan alat yang tepat serta memberikan
layanan ketika pelanggan menikmati makanan dan minuman dimeja makan. Tata
Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang pada dasarnya secara langsung menunjang serta
melaksanakan segenap fungsi Food and
Beverage Department.
2.8 Fungsi dan Tujuan Tata Hidang
Tata Hidang
di hotel merupakan suatu keharusan agar para tamu dapat tinggal nyaman dan
menyenangkan di hotel tersebut. Di hotel-hotel berbintang sangat umum kita
temui beberapa restoran dan bar yang dibuka untuk kepentingan tamu hotel.
Berikut
merupakan fungsi tata hidang sebagai berikut
1.
Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan
minuman.
2.
Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga
mau menjadi pelanggan tetap).
3.
Memelihara dan meningkatkan nama baik restoran dan
citra hotel.
Tujuan dari tata
hidang sebagai berikut:
1.
Membangkitkan selera maka
2.
Memberikan kepuasan
3.
Memberikan kenyamanan
4.
Mencerminkan tata cara makan yang baik
5.
Mempererat hubungan kekeluargaan
6.
Mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan
tenaga dan hidangan)
2.9 Prinsip-prinsip Dasar Tata Hidang
1. Kebersihan
Faktor utama yang sangat penting
diperhatikan oleh pelanggan sebuah restoran adalah kebersihan, baik tempat,
ruangan, lingkungan, peralatan maupun makanan dan petugas pelayanan.
2. Keserasian
Suasana tempat makan, peralatan dan
dekorasinya harus serasi yang akan membuat selera makan pelanggan menjadi
meningkat dan loyal.
3. Keseimbangan
Luasnya ruangan dan kecermatan
pemilihan perabot yang digunakan akan menciptakan keseimbangan dan mempengaruhi
suasana yang nyaman sehingga menambah loyalitas pelanggan.
4. Pusat perhatian
Display makanan yang tertata rapi
dan bersih merupakan salah satu daya tarik pelanggan. Disamping itu tatanan
rangkaian bunga di atas meja makan juga menjadi pusat perhatian yang membuat
semarak dan gairah nafsu makan.
5. Ketepatan
Penempatan perabot yang tepat akan
memberikan kenyamanan bekerja bagi petugas pelayanan. Tepat juga dalam
menciptakan suasana yang diinginkan pelanggan, termasuk dalam penyajian makanan
dan peralatan yang digunakan.
6. Keindahan
Penataan yang rapi tidak saja
menjadikan kenyamanan tetapi juga menciptakan keindahan, apalagi bila ditambah
dengan sebuah rangkaian bunga ditengah meja, sehingga memberikan kesegaran
alami dan membuat kesan romantisme.
Disamping
prinsip-prinsip dasar tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Adapun hal-hal yang mendukung keberhasilan pelaksanaan penataan dan pelayanan
makanan yang baik, meliputi:
1. Pramusaji yang professional Pramusaji adalah orang
yang paling dekat dengan tamu di ruang makan, bertugas membantu dan melayani tamu
selama menikmati makanan dan minumannya. Materi pramusaji akan disajikan pada
Modul Tata Hidang
2. Tempat dan peralatan yang tepa
3. Menu yang disediakan
4. Kerjasama yang baik dengan bagian terkait
2.10 Ruang Tata
Hidang
Tata hidang
pada hotel dikenal dengan istilah F & B Service di bawah naungan Food and
Beverage Department. Departemen makanan dan minuman terbagi atas dua bagian
besar yaitu food production (kitchen) dan food and beverages service. Food
Production (kitchen) merupakan bagian yang mempersiapkan dan mengolah makanan.
Sedangkan Food and Beverages Service adalah bagian yang memberikan pelayanan
dan penyajian makanan dan minuman kepada setiap tamu yang makan. Bagian ini
terdiri dari bagian atau unit, dimana setiap bagian atau unit mempunyai tugas
pokok yang berbeda-beda.
2.11 Tugas dan Fungsi Tata Hidang
Dalam tugas pokok/fungsi tersebut
diatas terkandung fungsi atau tugas lainnya :
1.
Layanan Makanan :
Fungsi
pemberian layanan ini dapat dilaksanakan di :
1.
Berbagai ruangan makan (restaurant) yang tersedia
termasuk "banquet".
2.
Kamar tamu (Room Service)
3.
Kegiatan penghidangan makanan yang dilaksanakan diluar
Hotel (Outside Catering)
Dimana
layanan tersebut diatas meliputi kegiatan - kegiatan :
· Penyiapan
peralatan yang dibutuhkan.
·
Penghidangan makanan.
·
Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan.
2.
Layanan Minuman :
Fungsi pemberian layanan ini dapat
dilaksanakan di :
1.
Berbagai ruang makan (restaurant) dan minum (Bar) yang
tersedia termasuk "Banquete"
2.
Kamar tamu (Room Service)
3.
Kegiatan penyajian minuman yang dilaksanakan diluar
hotel (Outside Catering).
Dimana kegiatan diatas meliputi kegiatan - kegiatan :
· Penyiapan
peralatan yang dibutuhkan.
· Penyediaan
serta penyiapan/pembuatan minuman (minuman capuran)
· Penyajian
minuman
· Pengumpulan
peralatan kotor/yang telah dipergunakan.
3.
Pemeliharaan kebersihan dan
pengadaan peralatan.
Fungsi ini
dilaksanakan oleh bagian pembersihan /pencucian alat ( stewading)
ditempat/lokasi pencucian peralatan yang meliputi kegiatan - kegiatan:
1.
Pembersihan/pencucian peralatan hidangan.
2.
Pemeliharaan peralatan hidangan termasuk penyimpanan,
perbaikan serta pengadaannya.
Tata Hidang (Food and beverage service) bertugas melayani pesanan makanan
dan minuman di restoran, dengan demikian food and beverage service merupakan
salah satu bagian penting dari sebuah hotel, selain kegiatan pokok tersebut,
fungsi food and beverage adalah :
1. Untuk memenuhi selera tamu, kepuasan
dari makan dan minum.
2. Untuk memelihara dan meningkatkan
nama baik hotel khususnya tamu dari luar hotel yang ingin membuat pesta
perjamuan (banqueting).
3. Untuk membuat keuntungan yang wajar,
artinya tamu puas dan hotel memperoleh keuntungan, akhirnya tamu menjadi
langganan (repeater guest).
Fungsi layanan tersebut terkandung tugas lainnya sebagai berikut :
1.
Pelayanan di berbagai jenis restoran
yang tersedia termasuk pesta perjamuan (banqueting)
2.
Penyajian makanan di kamar tamu
(room service)
3.
Penghidangan makanan di luar hotel
(out side catering)
4.
Penghidangan minuman di bar
5.
Pemeliharaan kebersihan dan
pengadaan peralatan restoran dan bar.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Food and Beverage adalah salah satu jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan
penginapan, makam, minum, atau yang lainnya bagi umum dan dikelola secara
komersial, dengan mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel
bertaraf internasional istilah lain food and beverage sebagai bagian dari
hotel.
Food and Beverage Department
secara umum adalah bagian yang mengurusi makanan dan minuman
(Product). Sedangkan secara khusus adalah divisi atau bagian
yang mengurusi dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan terutama berkaitan
dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk customer, setelah selesainya
proses produksi pangan.
Food and Beverage Depertment terbagi
atas 2 bagian yaitu Food and Beverage
Product dan Food and Beverage
Service. Food and Baverage department dapat dibagi menjadi dua bagian
sesuai tugasnya masing-masing, yaitu : Fornt
Service dan Back Service.
Tata hidang
adalah cara menata/menyusun, menghias dan menyajikan makanan dengan menggunakan
alat yang tepat serta memberikan layanan ketika pelanggan menikmati makanan di
meja makan. Fungsi tata hidang sebagai berikut:
·
Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan
minuman;
·
Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga
mau menjadi pelanggan tetap); dan
·
Memelihara dan meningkatkan nama baik restoran dan
citra hotel.
Tujuan tata
hidang adalah membangkitkan selera makan; memberikan kepuasan; memberikan
kenyamanan; mencerminkan tata cara makan yang baik; mempererat hubungan
kekeluargaan; dan mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan tenaga dan
hidangan).
Prinsip
dasar tata hidang adalah kebersihan, keserasian, keseimbangan, pusat perhatian,
ketepatan dan keindahan. Hal-hal yang mendukung keberhasilan penataan dan
pelayanan makanan adalah pramusaji yang professional, tempat dan peralatan yang
tepat, menu yang disediakan, dan hubungan kerjasama yang baik antara bagian
terkait. Restoran, bar, room service, banquet (termasuk outside catering) dan
steward merupakan ruang lingkup kerja penataan dan pelayanan makanan.
Dalam tugas pokok dari tata hidang
tersebut : Penyiapan peralatan yang dibutuhkan, Penghidangan makanan dan
minuman, Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan, Penyediaan serta
penyiapan/pembuatan minuman (minuman capuran).
Pembersihan
/pencucian alat ( stewading) ditempat/lokasi pencucian peralatan yang meliputi
kegiatan - kegiatan: Pembersihan/pencucian peralatan hidangan, Pemeliharaan
peralatan hidangan termasuk penyimpanan, perbaikan serta pengadaannya.
3.2 Saran
Demikian pemaparan tentang “Tata
Hidang” oleh penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya.
Untuk itu, penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun
kritik kepada penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap
makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.
DAFTAR
PUSTAKA
§ https://osias46sandy.wordpress.com/program-2/perhotelan/food-beverage/
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ https://mikodhany.wordpress.com/2015/09/09/food-and-beverage-department/
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ http://pengertiandanartikel.blogspot.com/2016/10/pengertian-tujuan-fungsi-penataan-dan.html
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ http://tatahidangmakanan.blogspot.com/2016/12/tugas-tata-hidang.html
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ http://tatahidangan.blogspot.com/2010/08/fungsi-tata-hidang.html
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ http://tatahidangmakanan.blogspot.com/2016/12/tugas-tata-hidang.html
(Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)
§ https://notemuza.blogspot.com/2021/06/makalahtugas-akhir-perhotelan-tentang.html
(Dikutip
Pada Tanggal 16 Maret 2021)
No comments:
Post a Comment