Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Tuesday, June 8, 2021

Makalah/Tugas Akhir Perhotelan Tentang "Prosedur Food and Beverage Department (Tata Hidang) Dalam Melayani Customer"

MAKALAH / TUGAS AKHIR
Perhotelan
Prosedur Food and Beverage Department (Tata Hidang) Dalam Melayani Customer

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:

KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................

UNIVERSITAS/SEKOLAH TINGGI ILMU.......................
FAKULTAS............................
PROGRAM STUDI..........................
TAHUN AJARAN 20.... - 20....

KATA PENGANTAR
 
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
 
Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan sebuah pembahasan tentang “Food and Beverage”.
Tugas akhir ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan tugas akhir ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu ............................. dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki tugas akhir ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
 
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 
Palembang,                    2021



Penulis

 


DAFTAR PUSTAKA
 
COVER
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI

BAB I : PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
1.2       Rumusan Masalah
1.3       Tujuan

BAB II : PEMBAHASAN
      2.1    Food and Beverage
      2.2    Food and Beverage Departement
      2.3    Fungsi Food and Beverage Departement
      2.4    Tujuan Food and Beverage Departement
      2.5    Ruang Lingkup Food and Beverage Departement
      2.6    Pembagian Food and Beverage Departement
      2.7    Tata Hidang
      2.8    Fungsi dan Tujuan Tata Hidang
      2.9    Prinsip-Prinsip Dasar Tata Hidang
      2.10  Ruang Tata Hidang
      2.11  Tugas dan Fungsi Tata Hidang

BAB III : PENUTUP
          3.1    Kesimpulan
      3.2    Saran

DAFTAR PUSTAKA

 
BAB I
PENDAHULUAN
 
1.1        Latar Belakang
Dalam dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang banyak, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan mulai dari Hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman. Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman konsumen dalam memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
1.         Fisiologis : kebutuhan makanan khusus
2.         Ekonomi : kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yg dibayarkan
3.         Sosial : suasana yang bersahabat, terus terang mengungkapkan perasaan
4.         Psikologis : kebutuhan untuk meningkatkan harga diri
5.         Kenyamanan : keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan
Kebutuhan ini memainkan berbagai peran besar untuk menentukan faktor, bertanggung jawab untuk menentukan berbagai jenis metode layanan di makanan & minuman industri jasa. Termasuk Food and Beverage  salah satu indutri jasa yang berkecimpung didalamnya. Food and Beverage merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan.  Selain di hotel, department ini juga ada di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun perkereta apian.
Tata Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang pada dasarnya secara langsung menunjang serta melaksanakan segenap fungsi Food and Beverage Department. Oleh karena itu, untuk memberikan  pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan kita perlu mempelajari tata cara yang baik dan benar tentang “Tata Hidang” secara mendalam.

1.2        Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.        Apa yang dimaksud dengan Food & Beverage?

2.        Apa yang dimaksud dengan Food & Beverage Dapartemen?

3.        Bagaimana fungsi dari Food & Beverage Dapartemen?

4.        Bagaimana tujuan dari Food & Beverage Dapartemen?

5.        Sebutkan ruang lingkup dari Food & Beverage Dapartemen?

6.        Sebutkan pembagian Food & Beverage Dapartemen?

7.        Apa yang dimaksud dengan Tata Hidang?

8.        Bagaimana fungsi dan tujuan dari tata hidang?

9.        Sebutkan prinsip-prinsip dari tata hidang?

10.    Sebutkan ruang dari tata hidang?

11.    Bagaimana fungsi dan tugas dari tata hidang?

 
1.3        Tujuan
Tujuan makalah ini adalah menambah wawasan tentang Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang. Selain itu pembaca juga memperoleh gambaran tentang langkah-langkah saat Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang dan juga sebagai tambahan informasi dari penulis tentang pelayanan Tata Hidang.
 

 BAB II
PEMBAHASAN
 
2.1        Food and Beverage
Definisi food and beverage secara umum merupakan usaha di bidang makanan dan minuman, sedangkan secara khusus nya yaitu sebuah bagian dari hotel yang mengurus atau bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum serta kebutuhan secara komersial dan profesional. Dengan pengertian lain adalah salah satu jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan penginapan, makam, minum, atau yang lainnya bagi umum dan dikelola secara komersial, dengan mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel bertaraf internasional istilah lain food and beverage sebagai bagian dari hotel.
 
2.2        Food and Beverage Department
Definisi Food and Beverage Department secara umum adalah bagian yang mengurusi makanan dan minuman (Product). Sedangkan secara khusus adalah divisi atau bagian yang mengurusi dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk customer, setelah selesainya proses produksi pangan. Terkadang, melibatkan transportasi jika ada pemisahan fasilitas produksi dan pelayanan yang dikelola secara komersial dan professional.
S       =    Smile to everyone (berikan senyuman kepada semua orang)
E      =    Excellent in everything we do (kerjakan semuanya semaksimal mungkin dan memuaskan) 
R      =   Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah) 
V      =   Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian)  
I       =   Invitting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali) 
C      =   Creating a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu) 
E      =   Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu)
 
2.3        Fungsi Food and Baverage Department
Sebagai sarana yang harus ada pada hotel/ Outlet, yang keberadaanya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi outlet yang bersangkutan.
 
2.4        Tujuan Food and Baverage Departement
Berikut merupakan tujuan Food and Baverage Departement sebagai berikut:
·      Menjual makanan dan minuman (Product) sebanyak-banyaknya dengan berorientasi target sales
·      Memberikan pelayanan terbaik (Exelent Service) kepada customer.

·      Exelent service, meliputi antara lain pelayanan terbaik sesuai MOP dan SOP, quality control product, sikap karyawan (Attitude), interior venue, kebersihan venue, kelengkapan cutleries.

·      Mendapat keuntungan profit sebesar-besarnya dan kesinambungan usaha.
 
2.5        Ruang Lingkup Food and Baverage Departement
Food and Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian :
a.       Food & Beverage Product
Merupakan department yang menyajikan makanan, menjadi berasal dari sistem pemasakan hingga berbentuk makanan jadi. Product terbagi atas bermacam macam bagian yakni main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana seluruh bagian berikut membawa kegunaan yang berlainan beda tetepi mempunyai tujuan serupa yakni menjual produck ke pembeli hotel.
b.      Food & Beverge Service
   Bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan sebagian model minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks). Dalam suatu hotel F & B service berguna sebagai penjamu service makanan dan minuman pada tamu hotel. F & B service terbagi atas 4 bagian :
1.      Restaurant
2.      Bar
3.      Baquet
4.      Room service
 
2.6        Pembagian Food and Baverage Department.
Food and Baverage department dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai tugasnya masing-masing, yaitu :
1.       Front Service (Dept F&B bagian depan).
Biasanya terdiri dari restaurant, Bar, Banquet, Cafe, Club, Ktv dan Room service. Petugas pada bagian ini langsung berhubungan dengan tamu.
2.       Back Service (Dept F&B bagian belakang).
Biasanya terdiri dari Kitchen, Stewarding, Service bar, Storeroom, Kantin. Petugas pada bagian ini tidak langsung berhubungan dengan customer dan harus melalui perantara pramusaji/ server.
Walaupun terpisah tapi kedua bagian tersebut saling bergantung satu sama lain dan selalu harus bekerja sama dalam satu tim dan  department ini tidak bisa berdiri sendirikarena sangat tergantung pada deparment lainya seperti department Housekeeping, Enginering, Accounting, Front office, dll.
 
2.7        Tata hidang
Tata artinya menyusun, mengatur, atau menata. Hidang artinya memberikan pelayanan atau melayani pelanggan untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman. Pengertian secara umum tata hidang adalah cara menyusun makanan untuk memperindah makanan dan minuman yang disajikan kepada tamu atau konsumen.
Dari kesimpulan definisi diatas bahwa Tata hidang adalah cara menata atau menyusun, menghias dan menyajikan mekanan dengan menggunakan alat yang tepat serta memberikan layanan ketika pelanggan menikmati makanan dan minuman dimeja makan. Tata Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang pada dasarnya secara langsung menunjang serta melaksanakan segenap fungsi Food and Beverage Department.
 
2.8        Fungsi dan Tujuan Tata Hidang
Tata Hidang di hotel merupakan suatu keharusan agar para tamu dapat tinggal nyaman dan menyenangkan di hotel tersebut. Di hotel-hotel berbintang sangat umum kita temui beberapa restoran dan bar yang dibuka untuk kepentingan tamu hotel.

Berikut merupakan fungsi tata hidang sebagai berikut
1.        Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan minuman.
2.        Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga mau menjadi pelanggan tetap).
3.        Memelihara dan meningkatkan nama baik restoran dan citra hotel.
 
Tujuan dari tata hidang sebagai berikut:
1.        Membangkitkan selera maka
2.        Memberikan kepuasan
3.        Memberikan kenyamanan
4.        Mencerminkan tata cara makan yang baik
5.        Mempererat hubungan kekeluargaan
6.        Mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan tenaga dan hidangan)
 
2.9        Prinsip-prinsip Dasar Tata Hidang
1.       Kebersihan
Faktor utama yang sangat penting diperhatikan oleh pelanggan sebuah restoran adalah kebersihan, baik tempat, ruangan, lingkungan, peralatan maupun makanan dan petugas pelayanan. 
2.       Keserasian
Suasana tempat makan, peralatan dan dekorasinya harus serasi yang akan membuat selera makan pelanggan menjadi meningkat dan loyal.
3.       Keseimbangan
Luasnya ruangan dan kecermatan pemilihan perabot yang digunakan akan menciptakan keseimbangan dan mempengaruhi suasana yang nyaman sehingga menambah loyalitas pelanggan. 
4.       Pusat perhatian
Display makanan yang tertata rapi dan bersih merupakan salah satu daya tarik pelanggan. Disamping itu tatanan rangkaian bunga di atas meja makan juga menjadi pusat perhatian yang membuat semarak dan gairah nafsu makan.
5.       Ketepatan
Penempatan perabot yang tepat akan memberikan kenyamanan bekerja bagi petugas pelayanan. Tepat juga dalam menciptakan suasana yang diinginkan pelanggan, termasuk dalam penyajian makanan dan peralatan yang digunakan.
6.       Keindahan
Penataan yang rapi tidak saja menjadikan kenyamanan tetapi juga menciptakan keindahan, apalagi bila ditambah dengan sebuah rangkaian bunga ditengah meja, sehingga memberikan kesegaran alami dan membuat kesan romantisme. 
 
Disamping prinsip-prinsip dasar tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun hal-hal yang mendukung keberhasilan pelaksanaan penataan dan pelayanan makanan yang baik, meliputi:
1.       Pramusaji yang professional Pramusaji adalah orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan, bertugas membantu dan melayani tamu selama menikmati makanan dan minumannya. Materi pramusaji akan disajikan pada Modul Tata Hidang
2.       Tempat dan peralatan yang tepa
3.       Menu yang disediakan
4.       Kerjasama yang baik dengan bagian terkait
 
2.10     Ruang Tata Hidang
Tata hidang pada hotel dikenal dengan istilah F & B Service di bawah naungan Food and Beverage Department. Departemen makanan dan minuman terbagi atas dua bagian besar yaitu food production (kitchen) dan food and beverages service. Food Production (kitchen) merupakan bagian yang mempersiapkan dan mengolah makanan. Sedangkan Food and Beverages Service adalah bagian yang memberikan pelayanan dan penyajian makanan dan minuman kepada setiap tamu yang makan. Bagian ini terdiri dari bagian atau unit, dimana setiap bagian atau unit mempunyai tugas pokok yang berbeda-beda. 
 
2.11     Tugas dan Fungsi Tata Hidang
Dalam tugas pokok/fungsi tersebut diatas terkandung fungsi atau tugas lainnya :
1.        Layanan Makanan :
        Fungsi pemberian layanan ini dapat dilaksanakan di :
1.        Berbagai ruangan makan (restaurant) yang tersedia termasuk "banquet".
2.        Kamar tamu (Room Service)

3.        Kegiatan penghidangan makanan yang dilaksanakan diluar Hotel (Outside Catering)


 Dimana layanan tersebut diatas meliputi kegiatan - kegiatan :
·       Penyiapan peralatan yang dibutuhkan.
·       Penghidangan makanan.
·       Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan.

2.        Layanan Minuman :
        Fungsi pemberian layanan ini dapat dilaksanakan di :
1.        Berbagai ruang makan (restaurant) dan minum (Bar) yang tersedia termasuk "Banquete"
2.        Kamar tamu (Room Service)
3.        Kegiatan penyajian minuman yang dilaksanakan diluar hotel (Outside Catering).
 
 Dimana kegiatan diatas meliputi kegiatan - kegiatan :
·       Penyiapan peralatan yang dibutuhkan.
·       Penyediaan serta penyiapan/pembuatan minuman (minuman capuran)
·       Penyajian minuman
·       Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan.

3.        Pemeliharaan kebersihan dan pengadaan peralatan.
Fungsi ini dilaksanakan oleh bagian pembersihan /pencucian alat ( stewading) ditempat/lokasi pencucian peralatan yang meliputi kegiatan - kegiatan:
1.        Pembersihan/pencucian peralatan hidangan.
2.        Pemeliharaan peralatan hidangan termasuk penyimpanan, perbaikan serta pengadaannya.

     Tata Hidang (Food and beverage service) bertugas melayani pesanan makanan dan minuman di restoran, dengan demikian food and beverage service merupakan salah satu bagian penting dari sebuah hotel, selain kegiatan pokok tersebut, fungsi food and beverage adalah :
1.       Untuk memenuhi selera tamu, kepuasan dari makan dan minum.

2.       Untuk memelihara dan meningkatkan nama baik hotel khususnya tamu dari luar hotel yang ingin membuat pesta perjamuan (banqueting).

3.       Untuk membuat keuntungan yang wajar, artinya tamu puas dan hotel memperoleh keuntungan, akhirnya tamu menjadi langganan (repeater guest).

       Fungsi layanan tersebut terkandung tugas lainnya sebagai berikut :
1.        Pelayanan di berbagai jenis restoran yang tersedia termasuk pesta perjamuan (banqueting)
2.        Penyajian makanan di kamar tamu (room service)
3.        Penghidangan makanan di luar hotel (out side catering)
4.        Penghidangan minuman di bar
5.        Pemeliharaan kebersihan dan pengadaan peralatan restoran dan bar.
 
 
BAB III
PENUTUP
 
3.1        Kesimpulan
Food and Beverage adalah salah satu jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan penginapan, makam, minum, atau yang lainnya bagi umum dan dikelola secara komersial, dengan mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel bertaraf internasional istilah lain food and beverage sebagai bagian dari hotel.
Food and Beverage Department secara umum adalah bagian yang mengurusi makanan dan minuman (Product). Sedangkan secara khusus adalah divisi atau bagian yang mengurusi dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk customer, setelah selesainya proses produksi pangan.
Food and Beverage Depertment terbagi atas 2 bagian yaitu Food and Beverage Product dan Food and Beverage Service. Food and Baverage department dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai tugasnya masing-masing, yaitu : Fornt Service dan Back Service.
Tata hidang adalah cara menata/menyusun, menghias dan menyajikan makanan dengan menggunakan alat yang tepat serta memberikan layanan ketika pelanggan menikmati makanan di meja makan. Fungsi tata hidang sebagai berikut:
·           Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan minuman; 
·           Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga mau menjadi pelanggan tetap); dan 
·           Memelihara dan meningkatkan nama baik restoran dan citra hotel. 
Tujuan tata hidang adalah membangkitkan selera makan; memberikan kepuasan; memberikan kenyamanan; mencermin­kan tata cara makan yang baik; mempererat hubungan kekeluarga­an; dan mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan tenaga dan hidangan).
Prinsip dasar tata hidang adalah kebersihan, keserasian, keseimbangan, pusat perhatian, ketepatan dan keindahan. Hal-hal yang mendukung keberhasilan penataan dan pelayanan makanan adalah pramusaji yang professional, tempat dan peralatan yang tepat, menu yang disediakan, dan hubungan kerjasama yang baik antara bagian terkait. Restoran, bar, room service, banquet (termasuk outside catering) dan steward merupakan ruang lingkup kerja penataan dan pelayanan makanan.
Dalam tugas pokok dari tata hidang tersebut : Penyiapan peralatan yang dibutuhkan, Penghidangan makanan dan minuman, Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan, Penyediaan serta penyiapan/pembuatan minuman (minuman capuran).
Pembersihan /pencucian alat ( stewading) ditempat/lokasi pencucian peralatan yang meliputi kegiatan - kegiatan: Pembersihan/pencucian peralatan hidangan, Pemeliharaan peralatan hidangan termasuk penyimpanan, perbaikan serta pengadaannya.
 
3.2        Saran
Demikian pemaparan tentang “Tata Hidang” oleh penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya. Untuk itu, penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun kritik kepada penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.
 
 
DAFTAR PUSTAKA

§  https://rumus.co.id/pengertian-food-and-beverage/ (Dikutip Pada Tanggal 16 Maret 2021)

 

 

No comments:

Post a Comment