Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Monday, June 7, 2021

Makalah/Tugas Akhir Perhotelan Tentang " Prosedur Pelayanan Makanan dan Minuman Dikamar (Roomservice)"

MAKALAH / TUGAS AKHIR
Perhotelan
“Prosedur Pelayanan Makanan dan Minuman Dikamar (Roomservice)

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:

KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................

UNIVERSITAS/SEKOLAH TINGGI ILMU.......................
FAKULTAS............................
PROGRAM STUDI..........................
TAHUN AJARAN 20.... - 20....


KATA PENGANTAR
 
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan sebuah pembahasan tentang “Food and Beverage”.
Tugas akhir ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan tugas akhir ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu .................... dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki tugas akhir ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
 
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Palembang,         Maret 2021
Penulis



...........................



DAFTAR ISI
 
COVER
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
1.2         Rumusan Masalah

1.3         Tujuan

BAB II : PEMBAHASAN
2.1         Food and Beverage Service
2.2         Pelayanan Food and Beverage Service
2.3         Room Service
2.4         Tujuan Room Service
2.5         Ciri-Ciri Room Service
2.6         Struktur Room Service
2.7         Peralatan-Peralatan Yang Digunakan Room Service
2.8         Cara Pemesanan Room Service Melalui Telepon
2.8.1        Etika Berbicara/Komunikasi Room Service Melalui Telepon
2.8.2        Tahapan Komunikasi Melalui Telepon
2.8.3        Waiters Room Service
2.8.4        Set Up Tray (Menu American Breakfast, English Breakfast)
2.8.5        Cara Memasuki Kamar Tamu
2.8.6        Cara Menyajikan Ke Tamu Diatas Meja
2.8.7        Cara Meninggalkan Kamar
2.8.8        Clear Up
2.9         Tahapan Pemesanan Melalui Door Knob Menu
2.9.1        Cara Pengisihan Door Know Menu
2.9.2        Cara Pengumpulan Door Know Menu
2.9.3        Memindahkan/Memposting Pesanan
BAB III : PENUTUP
3.1         Kesimpulan
3.2         Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
 
1.1.       Latar Belakang
Hotel merupakan saran yang penting dalam dunia pariwisata, karena hotel adalah badan usaha yang bergerak di bidang jasa dikelola secara komersil dimana para tamu mendapatkan pelayana penginaoan makanan berserta minuman dan fasilitas lainnya. Dalam hotel terdapat departemen-departeman yang akan memberi pelayanan secara langsung kepada pelanggan. Salah satu departemen yang cukup berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu Food & Beverage Departemen dibagian Food & Beverage Service.
Food & Beverage merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan.  Selain di hotel, department ini juga ada di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun perkereta apian.
Seorang yang bekerja di bidang Food and Beverage Service ini diharuskan untuk tampil rapi, ramah dan sopan serta mampu berkomunikasi dengan baik juga cekatan. Mengingat pekerjaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Oleh karena itu, untuk memberikan  pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan kita perlu mempelajari tata cara yang baik dan benar tentang “Room Service” secara mendalam.

 
1.2.       Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.        Apa yang dimaksud dengan Food & Beverage Service?

2.        Bagaimana pelayanan Food & Beverage Service?

3.        Apa yang dimaksud dengan Room Service?

4.        Bagaimana tujuan dari Room Service?

5.        Bagaimana Ciri-Ciri dari Room Service?

6.        Sebutkan Struktur dari Room Service?

7.        Bagaimana peralatan-peralatan yang digunakan Room Service?

8.        Bagaimana cara pemesanan Room Service melalui telepon?

9.        Bagaimana cara pemesanan tahapan pemesanan melalui Door Knob Menu?

 
1.3.       Tujuan
Tujuan makalah ini adalah menambah wawasan tentang Food & Beverage dan pelayanan room service. Selain itu pembaca juga memperoleh gambaran tentang langkah-langkah saat Food & Beverage Service dan pelayanan room service dan juga sebagai tambahan informasi dari penulis tentang pelayanan room service.


BAB II
PEMBAHASAN
 
2.1.       Food and Beverage Service
Food and Beverage Service adalah Department yang memberikan jasa pelayanan makan dan minum yang dikelola secara professional dan komersial untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan. Ada beberapa pendapat tentang pengertian Food and Beverage Service sebagai berikut :
·       Soekresno dan Pendit (1998:4), Food & Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha seperti hotel yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan, karena dalam pelayanan nya menyediakan makanan dan minuman serta dalam kebutuhan lain yang terkait dari sebuah hotel atau dikelola secara komersial.
·   Rachman Arief, Abd (2005:113), Food & Beverage merupakan bagian yang bertugas atau mengolah, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan hotel, baik dalam kamar , restaurant , makanan karyawan dan sebagainya.
 
2.2.       Pelayanan Food and Beverage Service
Adapun Food and Beverage Service membawahi beberapa bidang pelayanan, diantaranya adalah:

1.       Restoran

Merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan makan dan minum kepada semua tamu yang datang.
2.       Bar

Merupakan bagian yang melayani dan menyediakan berbagai macam minuman baik yang tidak atau mengandung alkohol untuk diminum di tempat. Adapun bar ini bisa berupa tempat/spot kecil atau bisa juga berbentuk konter minuman.
3.       Banquet

Merupakan bagian yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh pihak yang membuat pemesanan ke hotel. Jadi semua akan dipersiapkan secara matang, baik jumlah tamu, menu maupun waktu pelaksanaannya.
4.       Steward

Merupakan sub-seksi dari Food and Beverage Product yang bertugas untuk mengurus semua peralatan restoran dan dapur pada sebuah hotel.
5.       Room Service

Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar tamu. Jadi ketika direstoran tamu bisa memesan makanan langsung ke waiter/waitress,  namun ketika di kamar tamu bisa memesan makanan melalui telepon.
 
2.3         Room Service
Room service yaitu pelayanan makan dan minum di dalam kamar hotel atau tempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service bisa disebut “In-Room Dining”. Pelayanan room service tidak hanya di dalam kamar hotel, namun melayani makan dan minum di tempat-tempat lain seperti di lobby hotel.
Room service adalah salah satu bagian dibawah food and beverage service yang mengelola penjualan dibidang makanan dan minuman yang diantarkan langsung ke kamar tamu di hotel tersebut. Ada beberapa pendapat tentang pengertian room service yaitu:
1.       Menurut S Meldlik (1980)
Yaitu bagian dari tata hidang yang bertanggung jawab atas pesanan dan pelayanan makanan dan minuman untuk dihidangkan di kamar tamu atau di tempat lainnya di dalam hotel kecuali restoran.
2.       Menurut Warsum WA (1993)
Salah satua bagian dari food and beverage departement yang bertugas melayani tamu yang menghendaki makan dan minum di dalam kamarnya.
3.       Menurut Endar Sugiarto dan Sri Sulartiningrum (1998)
Bagian dari food and beverage service yang mengelola penjualan makanan dan minuman yang diantar langsung ke kamar tamu yang menginap di hotel.
 
2.4         Tujuan Room Service
§   Mengenal dan menyajikan makanan dan minuman di kamar hotel
§   Mulai dari mengambil pesanan (taking order)
§   Menyiapkan
§   Menyajikan dikamar
§   Mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar
 
2.5         Ciri-Ciri Room Service
1.         Melayani tamu 24 jam
2.         Melayani makan dan minum
3.         Memesan makanan dan minuman melalui telephone atau door knob menu
4.         Mengantarkan makanan dan minuman dengan alat khusus
5.         Memiliki menu special

2.3         Struktur Organisasi Room Service dan Uraian Tugas
a.        Room Service Manager
·        Sebagai kepala atau pimpinan tertinggi room service.
·        Mengatur dan menyusun operasional room service secara keseluruhan
·        Bertanggung jawab atas seluruh keperluan operasional room service
·        Bertanggung jawab kepada F&B Manager
·        Melakukan pengawasan langsung terhadap kelancaran operasioanl room service terutama pelayanan makan dan minum kepada tamu
·        Membuat rencana kerja bagi bawahan
·        Bertanggung jawab atas segala keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta appearance bawahannya
   
b.        Asisten Room Service Manager
·         Memeriksa kehadiran waiter
·         Menyediakan segala sesuatu untuk service
·         Mengawasai persiapan service yang akan dilakukan
·         Mengontrol mutu pesanan yang akan disajikan ke tamu
·         Bertanggung jawab kepada room service manager
·         Menggantikan tugas head waiter saat berhalangan hadir
·         Mengawasi dan membagi tugas untuk persiapan peralatan room service
·         Membuat laporan operasional ke head manager
·         Mengatur penggunaan peralatan dan bahan
 
c.         Room Service Order Taker
·         Menerima dan mencatat pesanan tamu
·         Sebagai penghubung dan pemberi keterangan kepada tamu
·         Sebagai selesmen atau penjual
·         Menyampaikan dan bertangung jawab atas pesanan tamu kepada waiter
·         Mengontrol setiap pesanan tamu
 
d.        Room Service Waiter/Waiters
·         Menyiapkan alat makan dan alat hiding
·         Mengantar makanan dan minuman ke kamar tamu
·         Meyajikan makanan dan minuman ke kamar tamu
·         Mengclear-up makanan dan minuman di kamar tamu
·         Menyampaikan atau menyerahkan bill tagihan pembayaran
·         Memeriksa perlengkapan operasional
 
2.7         Peralatan-Peralatan yang Digunakan Room Service
§   Ruang Kantor Room Service
o    Telephone
o    Denah kamar
o    Kertas dan pulpen
o    Rak
o    Bill
§   Kamar Tamu
o     Telephone
o     Daftar menu
o     Door knob menu
o     Mini bar
o     Pulpen
§   Operasional Room Service
o     Telephone
o     Dnor knob menu
o     Daftar menu
o     Slip order
§   Peralatan Hidang
o    Table acesoris
o    Chinaware  : macam-macam plate, soup cup and saucer
o    Tableware  : mengacu pada semua jenis sendok dan garpu
o    Glassware  : water goblet, red wine glass, white wine glass
o    Lenan         : able cloth, slip cloth, serbet tamu (goest napkin
o    Baki/tray
o    Built in rechaud (alat pemanas)
o    Cover food
§   Peralatan Khusus
o         Meja dorong dan meja lipat (rolling tables and folding tables) adalah suatu meja khusus yang memiliki roda pada keempat kakinya sehingga memudahkan untuk didorong.
o         Room service electric car adalah sebuah kendaraan khusus yang diciptakan sedemikian rupa untuk membawa makanan ke kamar- kamar tamu di resort.
o         Plastik pembungkus (plastic wrap) adalah plastik tipis bening yang  dipergunajan untuk menutupi pesanan khususnya makanan dingin.
o        Thermos digunakan untuk diisi air panas/dingin berdasarkan permintaan tamu untuk keperluan di dalam kamarnya.
 
2.8         Cara Pemesan Room Service Melalui Telepon
2.8.1    Etika Berbicara/Komunikasi Room Service Melalui Telepon
a.        Cepat
Dering pesawat telephone sebaiknya tidak lebih dari 3 kali dan yang paling baik adalah menjawab panggilan telephone sesegera setelah dering pertama berhenti.
b.       Tepat
Jawaban paggilan telephone secara tepat dengan mengatakan “Selamat pagi / selamat siang / pelayanan kekamar/ room service…..”.
c.        Konsentrasi
Pusatkan perhatian pada pembicaraan tamu agar tidak terjadi kesalahan. Tamu tidak mau tau apakah kita sedang sibuk atau tidak, karena telephonya sangat penting. Cara yang terbaik adalah pusatkan perhatian pada pembicara/tamu, janganlah menjawab sambil berbicara dengan teman pada waktu melaksanakan tugas.
d.       Terang dan Jelas
e.       Tenang
Jangan berbicara terlalu cepat sebab ada kemungkinan keseleo lidah. Selain itu kalau berbicara terlalu cepat tamu akan merasa seakan–akan diburu–buru dan hal ini merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan buat tamu.
f.        Jarak
Perhitungan jarak antara mulut  dengan transmitter yang terdapat ada gagang telephone. Terlalu dekat akan menyusahkan kita dalam berbicara, sedang jarak yang terlalu jauh akan berakibat bahwa suara kita akan susah di dengar dari seberang sana.
g.       Menyenangkan
Bicaralah seakan-akan kita sedang berhadapan dengan orangnya. Berteriak, berbisik ataupun bergumam semuanya adalah hal yang tidak berkenan di hati tamu. Berbicaralah dengan suara alamiah yang  anda miliki.
h.       Nama tamu
Panggilah tamu dengan namanya setelah kita tau hal ini akan dapat memberikan kesan kepada tamu bahwa sangat diperhatikan di hotel kita, terlebih bila dia orang yang sangat pentig disebuah hotel.
i.        Bersifat menolong
Untuk dapat memberikan bantuan kepada tamu pada waktu berbicara melalui telephone, seorang order taker harus menyiapkan dirinya sebaik mungkin. Pengetahuan mengenai menu adalah syarat utama selanjutnya pengetahuan penunjang lainya juga sangat diperlukan.
j.        Meminta maaf
Mungkin semuanya berjalan tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka dalam hal ini jangan segan untuk lansung meminta maaf kepada tamu dengan cara yang sopan.
k.       Berterima kasih
Jangan lupa untuk selalu mengucakan terimakasih setelah pembicaraan selesai.
 
2.8.2   Tahapan Komunikasi Melalui Telepon:
a.        Order Taker
·          Pengertian Order Taker
Order taker adalah petugas room service yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pemesan tamu yang ia terima melalui telepon. Adapun tugas order taker yaitu:
§         Menerima telephone dari tamu
§         Menjawab telephone dengan ramah, ucapan selamat pagi / malam, dengarkan pesananan tamu dengan baik.
§        Mencatatan pesanan pada buku pesanan dalam 3 rangkap dengan data yang benar.
§        Mengulang pesanan tamu.
§        Mengucapkan terima kasih.
§        Menyiapkan peralatan.
 
·            Syarat-syarat petugas order taker sebagai berikut:
§   Berpengalaman di public area, room, dan outlet-outlet lain.
§   Menguasai product knowledge.
§   Mampu berbahasa inggris dan bahasa lainnya.
§   Mampu menggunakan telepon sesuai dengan standar perusahaan.
§   Mampu mengoprasikan computer.
§   Mempunyai keahlian dalam administrasi.
§   Sikap professional (professional appearance).
§   Ramah, sopan santun, empati, tanggung jawab, jujur ,fleksible
 
·            Komunikasi Antara Order Taker dan Tamu (Contoh)
OT        : “Selamat pagi Ibu Wati, dengan tanti dari  petugas room service. Ada yang bisa saya bantu?”
TAMU  : “Saya ingin memesan makan kekamar.”
OT        : “Iya Ibu Wati.  Mungkin ingin coba menu spesial hari ini, kami ada fuyunghai seafood untuk minumanya hot milk mungkin mau coba bu?”
TAMU  : “Oh iya mbak saya mau fuyunghai sefood dan hot milk untuk dua orang ya mbak.”
OT        : “Maaf bu. untuk pesanannya saya ulang ya bu, untuk makanannya funyunghai seafood dan minumanya hot milk untuk 2 orang , apakah benar bu? apakah ada tambahan yang lain bu?”
TAMU  : “Benar mbak. Tidak ada. Itu saja sudah cukup mbak.”
OT        : “Baik ibu, untuk pesananya kami antar 20 menit lagi ke kamar 123atas nama Ibu Wati. Mohon ditunggu ibu, terima kasih. Selamat pagi”
 
·            Tugas Order Taker Setelah Menerima Pesanan
§        Membaca logbook, functions sheet, expected arrival, dan expected departure.
§        Membagikan kunci kepada roomboy sesuai dengan bagiannya.

§        Memeriksa status kamar setiap awal kerja.

§        Mencatat semua informasi yang diterima pada logbook.
§        Memberikan informasi status kamar kepada roomboy.
§        Bertanggung jawab atas pengeluaran ekstra item untuk tamu.
§        Mengerjakan administraasi dan pembukuan atas pengeluaran item-item dan guest supplies secara rinci.
§        Selalu menangani tindakan follow up segera atas permintaan atau keluhan yang diterima.
§        Elakukan penyimpanan lost and found sesuai prosedur di housekeeping office secara sistematis.
§        Menjalankan tugas yang diberikan oleh atasan di housekeeping.
 
2.8.3   Waiter Room Service

·           Profile Waiter Room Service

§   Menindak lanjuti pesanan tamu.

§   Menghidangkan fruit basket di kamar bagi tamu baru datang (Check-in).

§   Menata peralatan dan pesanan tamu diatas tray atau trolley.

§   Memeriksa pesanan sebelum di kirim ke kamar tamu.

§   Mengantarkan pesanan ke kamar tamu.

§   Menata dan menyajikan pesanan di kamar tamu.

§   Menyodorkan rekening/bill tamu dengan benar.

§   Mengangkat peralatan kotor dari kamar tamu.

§   Sift malam bertugas mengumpulkan door knob menu dan menyiapkan peralatannya.

§   Melaporkan kegiatan kepada room service captain.

                                                                                                  
§   Tugas Waiter Room Service

§   Melayani tamu dengan sopan dan baik.

§   Mengantar pesanan ke kamar tamu.

§   Set up pesanan Room Service.

§   Clear Up Room Service.

 
2.8.4        Set Up Tray (Menu American Breakfast, English Breakfast)

·           Jenis-jenis Penataan tray dan trolley

Standar set up tray dan trolley untuk room service menggunakan equipment yang sama dengan standar set up di restoran. Tetapi ada beberapa peralatan yang tidak diperlukan seperti; meja, tablecloth, table number, dan ashtray. Adapun jenis-jenis penataan tray dan trolley meliputi:
a.        Breakfast

b.        Lunch

c.         Dinner

 
·           Standard set up tray and trolley for breakfast

Pada prinsipnya standar set up di room service akan menggunakan peralatan yang sama dengan direstoran seperti:
1.    Tray                                                     9.    Folded napkin       
2.    Main knife                                           10.  Teaspoon
3.    Main fork                                            11.  Flower vase
4.    Side plate                                            12.  Cup & saucer
5.    Tray cloth                                            13.  Tea pot
6.    Side knife                                             14.  Sweetener
7.    Water goblet                                        15.  Creamer
8.    Salt & pepper cruets                           16.  Jam container
 
·           Standard set up tray and trolley for lunch and dinner

Peralatan yang digunakan:
1.    Tray                                                    6.    Main knife                  
2.    Tray cloth                                           7.    Side plate                                  
3.    Side knife                                            8.    Main fork                               
4.    Water goblet                                       9.    Flower vase
5.    Folded napkin                                    10.  Salt & pepper cruet 
 
·           American Breakfast, English Breakfast ketentuan umum penataan tray:

1.       Ambil tray bersihkan bagian atas, bawah dan pinggirnya

2.       Lengkapi dengan tray cloth atau tray mat yang bersih

3.       Lipatlah napkin menyerupai bantal atau lipatan yang lain yang sesuai.

4.       Masukanlah dinner knife kedalam folded napkin disebelah kanan, dengan mata pisau menghadapi ke kiri dan dinner fork disebelah kiri. Dan letakanlah disebelah kanan bawah

5.       Letakanlah side knife disebelah bawah kiri tray

6.       Letakan center equipment ditengah-tengah sebelah atas tray

7.       Letakan water goblet disebelah kanan atas tray

8.       Letakan cup and saucer sebelah kanan bawah tray.

 
·           Tata cara dan prosedur untuk mengambil makanan dan minuman:

a.       Sebelum mengambil makanan dan minuman harus dilakukan pemeriksaan terhadap kebersihan tray dan peralatan yang digunakan, kelengkapan dan ketepatan peralatan khususnya cutlery yang digunakan.

b.       Ambilah makanan yang dingin sebelum yang panas dan pastikan bahwa semua accompani-ments (seperti: tomato ketchup, tartar sauce, mustard, berbagai macam dresing untuk salad, milk, cream, lime, sausage, bacon, ham, jam, marmalade, honey, sambal, dll) untuk masing-masing makanan tersebut sudah lengkap.

c.       Makanan dan minuman harus diperiksa, dengan memperhatikan sedetail mungkin seperti:

Ø  Food and beverage temperatures

Ø  Portion size

Ø  Visual presentation as per recipe standards

Ø  Wine details, including vintage.

d.       Suhu makanan dan minuman harus diperhatikan dari waktu pengambilan sampai pada pengirimannya.

e.       Penutup makanan (plate cover) dan atau hot boxes harus digunakan untuk mempertahankan suhu makanan.

f.        Ambilah bill atau check tamu dan komfirmasikan apakah sudah sesuai dengan pesanannya.

g.       Bila semua item sudah diperiksa seperti: service equipment, kesesuaian dengan pesanan makanan dan minuman dan bill. Makanan dan minuman tersebut harus segera dikirim ke kamar tamu dan tidak boleh ditunda.

 
·           Cara Membawa Tray Ke Tamu

1.       Penataan harus rapi bersih dan menarik.

2.       Hindari penumpukan dan jauhkan antara makanan panas dengaan makanan dingin

3.       Suhu makanan harus tetap di jaga (gunakan alat yang dapat menjaga suhu dan kondisi makanan) seperti gunakan heater untuk makanan panas, termos/pot untuk minuman dan alat / bahan pendingin untuk makanan dingin.

4.       Jauhkan makanan yang mudah tumpah dengan badan saat membawa.

5.       Pastikan seluruh makanan tertutup (gunakan food cover dan plastic wrapped).

6.       Kelompokan makanan utama dengan makanan penyertannya

7.       Gunakan peralatan yang tepat.

 
2.8.5   Cara Memasuki Kamar Tamu

1.       Pramusaji memastikan nomor kamar yang dituju.

2.       Pramusaji mengetuk pintu kamar tamu sebanyak tiga kali sambil menyebutkan jati diri (room service).

3.       Setelah tamu membuka pintu, pramusaji mengucapkan salam kepada tamu (selamat pagi / selamat siang / selamat malam tergantung dari waktu pengantarannya).

4.       Jika menggunakan trolley pramusaji menanyakan kepada tamu dimana tamu ingin menikmati hidangannya. Dan jika menggunakan tray pramusaji dapat menata hidangan tamu di atas coffe table atau night table.

5.       Jika menggunakan trolley, maka trolley dapat diperbesar dahulu dengan cara membuka sayap kiri dan kanan. Pastikan bahwa roda trolley terkunci dengan baik agar pada saat tamu makan trolley tersebut tidak lepas dari kaitannya.

6.       Jelaskan kepada tamu jenis makanan dan minuman sesuai dengan pesanannya termasuk peralatan yang digunakan.

 
·          Etika memasuki kamar tamu

a.        Mendekati karma dengan tenang

b.       Ketuk kamar dengan sopan dan ucapkan room service secara jelas dan penuh kepercayaan. Ingat bahwa suara anda harus menembus pintu yang ter tutup.

c.       Dengarkan jawab tamu dan lakukan reaksi yang sesuai, menunggu diluar atau masuk didalam kamar bila tidak ada jawaban, ketuk kembali dan ucapkan room service jangan masuk sebelum tamu membukakan pintu atau anda diminta masuk.

d.       Bila anda telah masuk, sapa tamu dengan menyebut namanya atau kata – kata lain yang diperlukan.

 
2.8.6   Cara Menyajikan Ke Tamu Diatas Meja

Mendekatlah dengan terlebih dahulu mengucapkan “maaf, permisi”, dengan suara sedang agar mereka tidak terkejut, lalu letakkan makanan atau minuman sesuai pesanan dan prosedur pelayanan yang berlaku di restoran tersebut. Telitilah kelengkapan segala sesuatunya sambil tetap berdiri dengan sopan.Apabila semua sudah siap, ucapkan “Selamat Makan dan Menikmati”, lalu mundur beberapa langkah sambil tetap memperhatikan mereka dengan sikap berdiri tegak. Begitu pula pada saat clearing-up sampai pada saat memberikan bill selalu diiringi dengan service courtesy, sehingga service courtesy selalu melekat pada setiap tahapan service.
 
2.8.7   Cara Meninggalkan Kamar

o      Tanyakan kepada tamu apakah memerlukan pelayanan dari pramusaji pada saat menikmati hidangan, jika tidak pramusaji mempresentasikan bill dan meminya tamu untuk menandatanganinya.

o       Sebelum meninggalkan kamar tamu, pramusaji mematikan alat pemanas (heater atau rechaud) yang berada dibawah trolley. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti makanan hangus, atau kebakaran..

o       Selanjutnya pramusai memberikan “Magic Wordhave a nice day kepada tamu dan mengucapkan salam sekali lagi kepada tamu.

o       Pramusaji meninggalkan kamar tamu dan menutup kembali pintu kamar tamu dengan perlahan.

o       Pramusaji kembali ke kasir untuk menyerahkan bill dan selanjutnya ke room service station untuk melaksanakan tugas berikutnya.

 

2.8.8        Clear Up

Semua peralatan yang telah selesai digunakan segera diangkat dari kamar tamu. Hal ini merupakan tanggung jawab penuh room service waiter yang bersangkutan. Mereka harus memastikan bahwa semua peralatan telah kembali dan sesuai dengan jumlah pada saat pengiriman.
Ada beberapa tempat dimana waiter dapat mendapatkan kembali peralatan yang sudah selesai digunakan dalam pelayanan room service yaitu:
Ø       Di kamar tamu.

Ø       Di koridor (biasanya tamu meletakkan diluar kamar dekat pintu masuk).

Ø       Di housekeeping floor station (dikumpulkan oleh room boy / maid dan disimpan di housekeeping station).

 
a.        Prosedur mengangkat piring kotor di room service:

§         Tunggu 1 jam setelah pengiriman (cek pada report room service pesanan yang akan di clear-up).

§         Tamu akan menelpon order taker, memberitahukan staf room service untuk segera mengangkat piring kotor.

§         Bawa dan gunakan format pencatatan peralatan yang digunakan baik untuk pengiriman dan pengambilan.

§         Masuk ke kamar bila tamu sudah mempersilahkan.

§         Minta bantuan room boy/maid untuk membukakan pintu.

§         Angkat semua peralatan kotor dan susun di atas nampan/trolley antara lain: sisa-sisa makanan, peralatan makan, piring dangelas, serbet makan, dll.

§         Jumlah peralatan yang ada harus sesuai dengan jumlah pada saat pengiriman.

§         Laporkan bila ada kekurangan peralatan.


Pengawasan terhadap peralatan yang digunakan di room service harus dilakukan dengan baik dan ketat untuk mencegah terjadinya banyak kehilangan terhadap penggunaan peralatan. Di room service diterapkan pennggunaan format isian yang diletakkan di atas baki atau rolling table yang dikirim ke kamar-kamar. Ketika room service waiter kembali membawa peralatan dan perlengkapan yang telah di pakai di kamar tamu, mereka harus dengan segera memeriksa ulang dan menyesuaikan peralatan sesuai dengan catatan yang ada pada format pada saat pengiriman. Bila terjadi kekurangan atau kehilangan harus segera melaporkan kepada supervisor yang bertugas.
 
2.9         Tahapan Pemesanan Melalui Door Knob Menu

2.9.1   Cara Pengisian Door Knob Menu

Doorknob menu sudah disediakan room boy di kamar tamu, dan tamu mengisi doorknob menu pada malam hari sebagai berikut:
§   Hidangan apa yang diinginkan.

§   Banyaknya hidangan yang dipesan.

§   Tanggal pemesanan.

§   Jam pengantaran hidangan.Nomor kamar.

§   Tanda tangan tamu.

Setelah doorknob menu diisi oleh tamu, maka doorknob menu tersebut oleh tamu digantungkan di handel pintu kamar tamu di sebelah luar. Kemudian petugas room service mengambil doorknob menu di setiap kamar tamu yang memesan. Doorknob menu langsung diberikan ke order taker untuk dibuatkan guest bill dan dipilah-pilah sesuai dengan jam yang sama serta jam yang lebih dahulu hidangan yang akan dikirim.
 
2.9.2        Cara Pengumpulan Door Knob Menu

Untuk mengumpulkan doorknob menu tersebut dapat dilakukan dengan cara:
§         Petugas berkeliling di setiap floor setiap satu jam sekali.

§         Mengambil doorknob menu yang tergantung didepan pintu tamu dan mencocokan nomor kamar yang tertera serta memperhatikan waktu pengiriman order tersebut.

§         Mengumpulkan doorknob menu  di room service sesuai dengan waktu delivery.

§         Menyalin order yang tertulis pada doorknob menu ke dalam captain order dengan teknik ‘triplicate checking system’.

§         Mempersiapkan peralatan yang sesuai dengan order tersebut (set-up). Pastikan peralatan yang digunakan bersih termasuk tray dan atau trolly


2.9.3        Memindahkan/Memposting Pesanan

Berupa buku untuk mencatat pesanan tamu yang terdiri dari 3 rangkap, yakni rangkap asli dan 2 rangkap duplikat.
a.       Order book dalam penulisan pesanan dibuat dalam 3 rangkap:

§   Asli dikirim kedapur atau bar

§   Rangkap kedua dikirim kekasir

§   Rangkap ketiga dikirim untuk waiter bersangkutan sebagai pengingat

§   Penulisan pesanan untuk setiap outlet dibuat tersendiri.

b.       Menu

Berupa daftar makanan yang terdiri dari makanan untuk makan pagi, makan siang, makan malam,dan snack juga tercantum daftar minuman atau wine.
c.       Guest Slip

Berupa data tamu yang menginap dihotel yang dikirim dari Front Office, dibuat secara harian dan berurutan. Data ini harus disimpan atau dipasang di room rack dibagian Room service dan digunakan untuk meyakinkan bahwa nomor kamar dan nama tamu yang memesan sesuai dengan data yang ada pada guest slip. Bila Guest Slip ini disimpan di room rack, akan terlihat dengan jelas nomor kamar, nama tamu, jumlah tamu, dan hari kapan meninggalkan Hotel ( check-out ). Dengan demikian, Order taker akan lebih mudah memeriksa dan menyamakan siapa tamu yang memesan makanan atau minuman.
d.       Guest Directory

Berupa buku petunjuk atau informasi yang diperlukan oleh tamu untuk mengetahui mengenai fasilitas apa saja yang tersedia, baik yang ada dihotel maupun yang berada diluar hotel.
e.        Dialy Guest Slip

Ada berupa daftar harian yang berisi informasi mengenai:
§   Jumlah tamu yang menginap di hotel.

§   Jumlah tamu yang diharapkan datang besok.

§   Jumlah tamu VIP yang menginap di hotel.

§   Jumlah tamu VIP yang diharapkan datang besok.

§   Jumlah tamu group yang datang hari ini dan besok.

§   Persentase jumlah tamu yang menginap dihotel.

Daily Guest List tersebut diatas merupakan informasi bagi petugas Room service untuk bisa mengetahui:
Ø     Berapa jumlah baki dan trolley yang harus disiapkan untuk makan pagi, makan siang, ataupun makan malam.

Ø      Jumlah dan nama tamu VIP yang diberi pelayanan istimewa.

Ø   Nama group dan jumlah orangnya, karena kadanng tamu dengan group memesan makanan dalam kotak ( meal boxes ).

f.         Beverage and Wine List

Berupa daftar minuman baik yang mengandung alcohol maupun nonalkohol dan juga daftar nama wine (minuman anggur ). Dibeberapa Hotel, Beverage List dan Wine List digabung menjadi satu.

g.       Requisition Book

Berupa formulir daftar isian untuk mengajukan permintaan barang keperluan Room Service. Diajukan ke Daily Store dan ke General Store yang berupa bahan-bahan antara lain:
§   Groceries   : gula, bumbu-bumbu, garam, merica, dan lain-lain.

§   Perishable  : mentega, selai, dan lain-lain

§   Stationary   : order books, paper napkins, dan lain-lain.

Daftar permintaan dibuat dalam tiga rangkap:
Ø  Asli untuk ke Store Room.

Ø  Rangkap kedua untuk Accounting.

Ø  Rangkap ketiga untuk Room Service.

h.      Working Schedule

i.     Berupa daftar jadwal kerja secara menyeluruh untuk semua karyawan Room Service  yang terdiri dari:

§          Pembagian waktu kerja, pagi, siang, dan malam.

§       Nama petugas yang harus bekerja pada shift yang telah ditentukan, baik untuk busboy, waiter, maupun order taker.

Tugas tambahan ( job assignment ) yang harus dikerjakan disamping tugas yang sudah baku.
§   Distribusi waktu libur dan cuti.

§   Jadwal untuk masing-masing shift.

j.         Log Book

Berupa besar yang digunakan untuk mencatat pesan-pesan penting dari shift terdahulu yang perlu diketahui dan dikerjakan oleh shift ayang berikutnya, misalnya mengenai pesan atau keluhan yang belum terselesaikan.
k.        Room Service Sales Report

Room Service merupakan salah satu outlet yang memiliki ciri berbeda dari outlet lainnya yang berada dibawah Food and Beverage Department. Disamping itu Room service memiliki ciri khas tersendiri dalam pembayaran bon tamu (guest bill), yaitu:
§         Guest bill akan ditanda tangani oleh tamu setelah tamu menerima pesanannya kekamar.

§         Guest bill diantarkan keroom service cashier oleh room service waiter.

§         Pembayaran room service tidak pernah dilakukan secara kontan, kecuali bila tamu telah menyelesaikan pembayaran untuk harga kamar. Dalam hal ini Room service akan mendapatkan informasi dari front office cashier dengan segera.



BAB III
PENUTUP
 
3.1         Kesimpulan
§       Food and Beverage Service adalah Department yang memberikan jasa pelayanan makan dan minum yang dikelola secara professional dan komersial untuk memberikan kepuasan pelanggan serta mendatangkan keuntungan.
§       Adapun Food and Beverage Service membawahi beberapa bidang pelayanan, diantaranya adalah:
      1.    Restoran
      2.    Bar
      3.    Banquet
      4.    Steward
      5.    Room Service
§       Room service adalah salah satu bagian dibawah food and beverage service yang mengelola penjualan dibidang makanan dan minuman yang diantarkan langsung ke kamar tamu di hotel tersebut.
§      Tujuan dari room serive adalah mengenal dan menyajikan makanan dan minuman di kamar hotel, mulai dari mengambil pesanan (taking order), menyiapkan, menyajikan dikamar dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar
§       Ciri-ciri room service yaitu melayani tamu 24 jam, melayani makan dan minum, memesan makanan dan minuman melalui telephone atau door knob menu, mengantarkan makanan dan minuman dengan alat khusus dan memiliki menu special
§       Struktur organisasi room service yaitu room service manager, asisten room service manager, room service order taker, dan room service waiter/waiters.
§       Peralatan-peralatan yang digunakan room service yaitu telephone, denah kamar, kertas dan pulpen, rak, bill, daftar menu, door knob menu, mini bar, pulpen, slip order, table acesoris, chinaware, tableware, glassware, lenan, baki/tray, built in rechaud (alat pemanas), cover food, meja dorong dan meja lipat, room service electric car, plastik pembungkus (plastic wrap) dan thermos .
  
3.2         Saran
Demikian pemaparan tentang “Room Service” oleh penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya. Untuk itu, penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun kritik kepada penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. 


No comments:

Post a Comment