MAKALAH / TUGAS AKHIR
Perhotelan
“Prosedur & Pelayanan Banquet Pada Food and Beverage”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................
UNIVERSITAS/SEKOLAH TINGGI ILMU.......................
FAKULTAS............................
PROGRAM STUDI..........................
TAHUN AJARAN 20.... - 20....
KATA PENGANTAR
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan sebuah pembahasan tentang “Food and Beverage tentang Fasilitas dan Pelayanan Banquet”.
Tugas akhir ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan tugas akhir ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu ............................. dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki tugas akhir ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
DAFTAR
ISI
COVER ...................................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ..................................................................... ii
KATA PENGANTAR ............................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................. iv
BAB I : PENDAHULUAN ...................................................................... 1
1.1
Latar Belakang
.................................................................. 1
1.2
Rumusan
Masalah ............................................................ 1
1.3
Tujuan
............................................................................... 2
BAB II : PEMBAHASAN ........................................................................ 3
2.1
Pengertian
Banquet .......................................................... 3
2.2
Tugas dan
Tanggung Jawab Banquet ............................ 4
2.3
Peralatan dan
Pelengkapan Yang Digunakan Banquet
5
2.4
Sistem Pelayanan
Banquet ............................................... 7
2.4.1
Banquet Set Up
...................................................... 10
2.4.2
Banquet Menu
....................................................... 11
2.4.3
Buffet Table
........................................................... 11
2.4.4
Menetapkan
Buffet Table Untuk Coffe Break ...
12
2.4.5
Table Layout
......................................................... 12
BAB III : PENUTUP ................................................................................ 13
3.1 Kesimpulan
........................................................................ 13
3.2 Saran
.................................................................................. 14
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................. 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Hotel
merupakan salah satu factor pendukung pariwisata yang mempunyai peranan yang
sangat penting dalam mengembangkan sarana dan prasarana, dimana hotel sebagai
salah satu jenis akomodasi yang terlibat secara langsung dalam penyediaan jasa
penginapan, makan, dan minum serta fasilitas lain yang diharapkan memberikan
kepuasan bagi setiap orang yang memakai jasa tersebut.
Didalam
sebuah hotel terdapat beberapa department yang berperan penting dalam
kelancaran operasional hotel. Salah satu department yang penting dalam
keberadaanya adalah food & beverage department. Food & beverage
department adalah salah satu bagian yang melayani dan mengelola makanan dan
minuman untuk tamu dalam hotel. Food & beverage ini terbagi dua, yaitu food
& beverage product dan food & beverage service.
Food & beverage product adalah
bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui
perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding. Sedangkan food &
beverage service adalah bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri
dari bar, restoran, banquet, dan room service. Banquet merupakan
kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik itu
diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau
pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Menurut pendapat Heru
Riyadi (2015:180) Banquet adalah salah satu bagian dari hotel yang tidak hanya
menyediakan makanan atau minuman, tapi mengatur dan merencanakan sebuah acara
mulai dari ruangan yang akan digunakan, perlengkapan yang diperlukan serta
hal-hal lain yang menunjang acara tersebut sesuai dengan yang mempunyai acara.
1.2
Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang masalah di
atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.
Apa yang dimaksud dengan Banquet?
2.
Apa
yang dimaksud dengan Tugas dan Tanggung Jawab Banquet?
3.
Sebutkan peralatan dan
perlengkapan yang digunakan Banquet?
4.
Bagaimana tujuan dari Food & Beverage Dapartemen?
5.
Sebutkan sistem
pelayanan Banquet?
1.3
Tujuan
Tujuan makalah ini adalah
menambah wawasan tentang Food &
Beverage Dapartemen dan pelayanan
Tata Hidang. Selain itu pembaca juga memperoleh gambaran tentang
langkah-langkah saat Food & Beverage
Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang
dan juga sebagai tambahan informasi dari penulis tentang pelayanan Tata Hidang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Banquet
Banquet
merupakan kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik
itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau
pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Menurut pendapat Heru
Riyadi (2015:180) Banquet adalah salah satu bagian dari hotel yang tidak hanya
menyediakan makanan atau minuman, tapi mengatur dan merencanakan sebuah acara mulai dari
ruangan yang akan digunakan, perlengkapan yang diperlukan serta hal-hal lain
yang menunjang acara tersebut sesuai dengan keinginan yang mempunyai acara.
Menurut
pendapat Mertayasa I Gede Agus (2012:82) Banquet berasal dari bahasa
perancis yaitu banchyang dalam bahasa inggris benchyang berarti bangku panjang.
Dalam bidang restoran, banquet berarti
sekumpulan orang yang berada dalam suatu ruanga tertentu (private room) yang
bertujuan untuk menikmati makanan dan minuman dalam rangka merayakan perayaan
tertentu dan diatur dalam suatu
tempat duduk tertentu.
Menurut
Raymond J. (2002:86)
Banquet Service (pelayanan jamuan) adalah bentuk
pelayanan yang dilakukan secara seretak, yang mana, semua tamu dilayani pada
waktu yang sama, semua penataan, menu minuman, anggur, dan waktunyaharus
dijadwalkan dengan hati-hati sebelum acara yang sebenarnya. Bedasarkan beberapa
pengertian tersebut diatas, penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa
:Banquet adalah pelayanan suatu acara yang sudah dipesan dan
di rencanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan dan minuman, ruangan
dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu. Pelayanan Banquet dalam melaksanakan
kegiatannya dipimpin oleh seorang Banquet
Manager, Banquet Supervisor, Banquet Captain, Banquet Captain, Banquet, dan Waiter/Waites.
2.2
Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
Berikut
ini merupakan penjelasan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan,
yakni :
1.
Banquet Manager
a. Bertanggung
jawab terhadap kelancaran operational di bagian Banquet dari persiapan,
melayani tamu, sampai tutup kegiatan (closing).
b. Melakukan
koordinasi dengan department lain seperti bar, HK, kitchen, steward, dll.
c. Menangani
adminitrasi seperti perjanjian dengan tamu, pemesanan barang dan alat,
scheduling, dll.
d. Mengawasi
bawahan dalam bekerja.
e. Membantu
bawahan dalam bekerja.
f. Memberikan
pengarahan kepada karyawan.
g. Melatih
dan meningkatkan kemampuan bawahan.
h. Membuat
table plan, dll.
2.
Banquet Supervisor
a. Bertanggung
jawab terhadap kelancaran pelayanan dalam setiap kegiatan/event.
b. Membuat
scheduling.
c. Mengawasi
persiapan dalam suatu event.
d. Mengkoordinir
pekerjaan dengan bawahan.
e. Membuat
laporan setelah selesai kegiatan/event.
f. Menangani
tamu datang.
g. Menangani
tamu yang bermasalah.
h. Memberikan
pengarahan (briefing)
3. Banquet Captain
a. Mengkoordinir
pekerjaan dalam suatu event mulai dari persiapan sampai tutup.
b. Mengawasi
bawahan secara langsung dalam bekerja.
c. Melakukan
taking order.
d. Menangani
masalah tamu.
e. Menyuguhkan
guest bill, dll.
4.
Banquet Waiter/Es
a. Melakukan
persiapan dalam setiap event.
b. Melakukan
pelayanan kepada tamu.
c. Membersihkan
peralatan.
d. Mengatur
meja dan kursi (table plan).
e. Table
set-up.
f. Membuat
meja buffet.
g. Melakukan
closhing, dll.
2.3
Peralatan
dan Perlengkapan Yang
digunakan Banquet
Menurut
Marsum WA (2001:17) Furniture atau perabot untuk keperluan restoran harus
benar-benar diseleksi secara cermat sehingga semua dapat berfungsi sesuai
dengan kebutuhannya. Furniture tersebut harus praktis, nyaman dipakai, serta
sedap dipandang. Pada
dasarnya peralatan yang ada di banquet hampir sama dengan peralatan yang
terdapat di restoran, secara umum peralatan-peralatan yang dipergunakan untuk
operasional banquet mencakup : Linen, Chinaware, Cutlery,
Glassware, Miscellaneous.
1. Linen
Linen adalah peralatan yang terbuat dari
kain dipergunakan untuk memperindah serta merapikan meja. Berikut ini Linen yang biasa
dipergunakan pada Banquet.
a. Table
Cloth, yaitu taplak meja untuk menutupi agar keliatan rapi.
b. Napkin,
yakni serbet untuk membersikan mulut tamu setelah selesai makan.
c. Skirting,
yaitu kain yang menutup bagian samping meja (keliling atau setengah keliling)
2. Chinaware
Chinaware yaitu barang pecah
belah.Umumnya dipergunakan sebagai tempat makan atau minum yang bahan bakunya
terdiri dari tanah liat, pada umumnya bagian pinggir dibuat dengan motif
kembang dan ada juga yang polos. Berikut ini adalah jenis-jenis yang biasanya
dipergunakan pada Banquet dan kegunaanya :
a. Dinner
platedengan diameter 25 cm merupakan piring besar, gunanya untuk menyajikan
berbagai macam hidangan main course.
b. Soup
plate, piring cekung untuk hidangan sup dengan diameter 22 cm.
c. Soup
bowl, yaitu mangkuk untuk penyajian beberapa jenis sup dan juga cereal, dengan
diameter 18 cm.
d. Bread
& Butter Plate, piring untuk menyajikan roti, dengan diameter sekitar 15
cm.
e. Tea
cup & Soucer, yaitu cangkir dan piringnya khusus untuk penyajian minun kopi
dan teh
3. Cutlery
Cutlery adalah alat makan dan minum yang
berfungi untuk memotong, menggunting makanan, dan memindahkan makanan ke dalam
mulut, peralatan ini umumnya terbuat dari bahan Stainless steel.
a. Dinner
Fork, yaitu garpu yang digunakan untuk penyajian makanan utam / pokok (main
course).
b. Dessert
Fork, yaitu garpu yang dipergunakan untuk penyajian makanan penutup (Dessert).
c. Serving
Fork, yaitu garpu besar untuk penyajian jenis makanan ikan.
d. Dinner
Spoon, yaitu sendok yang digunakan untuk makanan pokok.
e. Dessert
Spoon, yaitu sendokyang digunakan untuk makan penutup (Dessert).
f. Tea
/ Coffee Spoon, yaitu sendok itu mengaduk teh atau kopi.
4. Glass ware
Glass ware merupakan peralatan untuk
penyajian minuman, secara keseluruhan jenis gelas dapat dibedakan menjadi 2
macam, yaitu gelasyang berkaki dan gelas yang tidak berkaki.
a. Water
Goblet, gelas yang dipergunakan untuk penyajian air minum, sebagai pengiring
makan, jenis gelas ini umumnya berkaki
b. Fruit
Cocktail Glass, gelas yang dipergunakan untuk penyajian makanan penutup seperti
:ice cream.
c. Beer
Glass, gelas yang dipergunakan penyajian minuman beer dan sejenisnya.
d. Miscellaneous
( Peralatan Penyajian Lainnya )
Berikut ini adalah jenis-jenis
Miscellaneous yang biasanya dipergunakan pada Banquet dan kegunaannya :
1) Flower Vase, tempat
bunga untuk menghias meja.
2) Asthray, asbak tempat
abu rokok.
3) Water Pitcher, semacam
teko dari gelas atau stainless steel untuk tempat air minum, umumnya air es.
4) Tray, baki yang
dipergunakan untuk membawa makanan dan minuman. Bentuknya ada yang oval, bulat,
dan persegi.
5) Creamer, yaitu teko
kecil unruk tempat susu kental atau fresh milk.
6) Chaffing Dish, yaitu
pemanas yang menjaga makanan tetap hangat.Bagian banquet juga memiliki beberapa
alat khusus yang tidak ada di departemen lain, alat ini sering digunakan dalam
pertemuan-pertemuan atau seminar.
7) Alat tersebut adalah:
1.
Alat tulis
2.
Paper pad / kertas
3.
White Board
4.
Projectors (OHP)
5.
Sound System
6.
Banquet room
7.
Screen, dll.
2.4
Sistem
Pelayanan Banquet
Menurut
I GedeAgus Mertayasa (2012:107) Pelayanan di banquet akan dapat dilaksanakan
apabila sudah ada kesepakatan antara pihak tamu yang memesan dengan pihak
hotel/banquet sebagai penyelenggara. Ada beberapa jenis
pelayanan yang selalu di pakai dalam praktisi makan dan minum di banquet pada
seluruh hotel yaitu
:
a)
Table service (American service, Russian service, French service and English service).
b)
Buffet Service
1.
Table service
a. American Service
American service adalah salah satu cara
menghidangkan makanan di ruang makan/restoran, di mana makanan tersebut sudah
disiapkan di atas piring secara lengkap dan menarik dari dapur oleh petugas
dapur dan kemudian dihidangkan disebelah kanan tamu dengan menggunakan tangan
kanan dan yang dilayani adalah wanita terlebih dahulu. Jenis ini dapat
dilakukan dengan cepat sebab makanan sudah disiapkan di atas piring, sehingga
sering juga disebut dengan service cepat (quick service)
Prosedur pelayanan:
1. Mengecek kelengkapan
makanan yang ada di dapur sebelum diambil. Seperti souce, garnish, penampilan,
dll.
2. Menyuguhkan makanan
dari sebelah kanan tamu dengan menggunakan tangan kanan, dan putarannya searah
jarum jam dari tamu wanita.
3. Mempersilahkan tamu
makan.
4. Melakukan clear up/mengambil alat kotor di
hadapan tamu dari sebelah kanan dan putarannya searah jarum jam.
b. Russian Service/
Platter Service
Platter Service merupakan salah satu
service mewah yang digunakan di restoran.Service ini digunakan pada restoran
formal/mewah/resmi.Platter service adalah salah satu teknik pelayanan makanan
di mana makanan tersebut ditata secara baik dan menarik diatas sebuah piring
dari dapur dan akan dihidangkan kepada tamu dari sebelah kiri tamu dengan
mempergunakkan service set, berlawanan arah jarum jam (unclock wish ).
Prosedur pelayanan:
1. Menerima
tamu direstoran.
2. Melakukan
taking/mengambil pesanan.
3. Makanan
akan disiapkan di atas platter secara menarik oleh chef di dapur.
4. Meletakkan
piring kosong di atas meja tamu (searah jarum jam). Piring-piring tersebut
diletakkan di hadapan tamu (2cm)dari sebelah kananJika piringnya panas, maka
alasilah/bungkuslah telapak tangan service cloth.
5. Memperlihatkan
dan menjelaskan makanan kepada tamu (presenting the food) merupakan suatu
keharusan, sebelum makanan tersebut dipindahkan ke piring tamu.
6. Menyajikan
makanan, yaitu memindahkan makanan dari platter ke piring piring dari sebelah
kiri tamu dengan mempergunakan service set (dinner spoon and dinner fork) atau
soup ladle kalau berupa sup. Aturlah porsi dengan baik dan menarik serta sama
rata. Di sini diperlukan kecakapan pramusaji dalam menggunakan service set
tersebut. Kalau berupa main course mulailah dari garnish plate, daging, sayur,
kentang,dan terakhir adalah sauce. Putarannya adalah berlawanan arah jarum jam.
7. Mempersilahkan
tamu untuk makan dan kalau ada sisa makanan di atas platter harus dikembalikan
ke dapur.
8. Clear
up dilakukan dari sebelah kanan.
c. English Service
English Service lebih dikenal dengan
istilah family service karena lebih mencerminkan suasana kekeluargaan.English
service diterapkan pada jamuan makan di pesta keluarga atau kelompok yang orang
orangnya akrab satu sama lain.English Service memiliki service yang khas antara
lain hidangan yang telah disiapkan dibagikan oleh tuan rumah kepada tamu atau
tamu tetap duduk danmengambil sendiri hidangan yang telah diestafetkan mulai
dari tamu yang berada disebelah kanan tuan rumah dan seterusnya searah jarum
jam dan terakhir tuan rumah sendiri.
2. Buffet service/Self
Service
Buffet merupakan salah satu tipe
pelayanan di ruang makan maupun dalam jamuan dengan cara menghidangkan makanan
mulai dari makanan pembuka hingga makanan manis (dessert) yang di tata di atas
meja display dan para tamu bebas mengambil sendiri hidangan yang disukainya
(self service). Pada
dasarnya buffet service bertujuan untuk mengurangi kesibukan pramusaji di
ruangan makan maupun kesibukan petugas di dapur. Seorang petugas harus
selalu mengadakan koordinasi antara petugas buffet dan petugas dapur. Seorang
petugas dapur harus selalu siap di belakang meja buffet dengan pakaian yang
lengkap dan bersih, yang bertugas:
a. Berfungsi sebagai tuan
rumah yang menyajikan, menerangkan, dan membantu untuk mengambilnya.
b. Memotong daging serta
menyajikan.
c. Menambah serta
melengkapi makanan yang terpanjang dalam buffet.
d. Memeriksa peralatan
agar berfungsi untuk menjaga
Di
dalam langkah-langkah pelaksanaan banquet, beberapa hal yang perlu mendapatkan
perhatian adalah mengenai persiapan banquet set up, banquet menu, buffet
table, table lay out, dll.
2.4.1
Banquet
set up
Kegiatan
di banquet akan dilayani setelah terjadi kesepakatan antara pihak banquet
dengan pihak tamu (pemesan). Setelah itu akan dilakukan pemeliharaan
kesepakatan tersebut, khususnya dilakukan oleh pihak hotel. Dari kesepakatan tersebut selanjutnya
akan dilakukan persiapa-persiapan oleh semua departemen/section yang terlibat
dalam eventtersebut. Banquet akan melakukan banquet set up sesuai dengan jenis
kegiatan.
2.4.2
Banquet
menu
Kegiatan
di banquet lebih banyak melayani tamu dalam jumlah banyak/group. Kegiatan ini terjadi
kalau sudah ada kesepakatan antara pihak hotel dengan
pihak tamu. Salah
satu yang menjadi pokok kesepakatan mereka adalah jenis menu dan pelayanan yang
digunakan. Biasanya
menu banquet disajikan dalam bentuk set menu/table d’hote menu yaitu suatu
susunan hidangan lengkap mulai dari makanan pembuka (appetizer) sampai dengan
penutup (dessert). Dalam pelaksanaanya, set menu ini akan ditata di atas meja makan/buffet
table secara menarik dan tamu akan melayani dirinya sendiri (self service). Set
menu yang disajikan dapat berbentuk:
a.
Set menu untuk makan
pagi (breakfast)
b.
Set menu untuk makan
siang (lunchion)
c. Set menu untuk makan
malam (dinner)
d. Set menu special,
seperti: wedding, cocktail, birthday menu, dan yang lainnya.
2.4.3
Buffet
Table
Meja
buffet (buffet table) adalah sebuah meja besaryang digunakan untuk Memajang
makanan secara lengkap dan menarik, tamu akan mengambil dan melayani diri
sendiri. Meja buffet ini akan disiapkanoleh pramusaji banquet pada
saat.melakukan persiapan, makanan akan disiapkan di atas meja buffet itu dalam
sebuah alat penghidangan yang disebut dengan chaping dish. Dalam menyiapkan dan
membuat meja buffet perlu memperhatikan beberapa factor,yaitu:
a.
Jenis kegiatan.
b. Jumlah tamu.
c. Jumlah dan jenis
makanan.
d. Jumlah dan jenis
peralatan yang di set up di atas meja buffet.
e. Dekorasi.
f. Tempat yang tersedia.
g.
Bentuk meja buffet
2.4.4
Menyiapkan
Buffet Table Untuk Coffee Break
Coffee
break adalah pelayanan penghidangan kopi dan teh yang dilakukan kepada tamu
pada waktu istirahatdi sela-sela jam pertemuan mereka. Biasanya dilakukan
pada jam 10 pagi dan jam 3 sore.Makanan yang dihidangkan sangat terbatas
jumlahnya dan sifatnya ringan, seperti macam-macam jajan (snack), kopi, teh,
jus, kacang, kerupuk, dll. Persiapan
yang dilakukan:
1) Menyiapkan meja buffet
yang dilengkapi dengan peralatan seperti tea cups, dessert plate, cutleries,
dll.
2) Menyiapkan beberapa
meja sebagai side standyang dilengkapi dengan astray.
2.4.5
Table
layout
a. U shape
Pengaturan dimana meja kursi disusun
seperti huruf U. Diatas meja dipasang green velvet sebagai penutup, yang
menjuntai ke bawah sampai menutup kaki meja.Di tepi luar meja dipasang
kursi-kursi sesuai keperluan
b. I shape
Pngaturan meja dan kursi dengan model I
shape tidak memiliki head table. Semua peserta mempunyai kedudukan yang sama.
Salah seorang di antara mereka diangkat menjadi ketua yang memimpin pertemuan
c. Class room style
Model ini sama seperti penataan meja dan
kursi di ruang kelas atau kuliah di mana para peserta duduk di kursi di
belakang meja sambil mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara sambil
mencatatat bila mana perlu
d. Theatre Style
Dalam sidang pleno atau rapat pembukaan
suatu acara yang diikuti oleh banyak peserta, biasanya ruangan hanya dipasangi
kursi saja agar dapat menampung banyak orang. Meja dipasang di bagian depan
bersama dengan kursinya sebagai head table untuk ketua sidang.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Banquet
merupakan kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik
itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau
pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Banquet Service (pelayanan
jamuan) adalah bentuk pelayanan yang dilakukan secara seretak, yang mana, semua
tamu dilayani pada waktu yang sama, semua penataan, menu minuman, anggur, dan
waktunyaharus dijadwalkan dengan hati-hati sebelum acara yang sebenarnya.Pelayanan
Banquet dalam
melaksanakan kegiatannya dipimpin oleh seorang Banquet
Manager, Banquet Supervisor, Banquet Captain, Banquet Captain, Banquet, dan Waiter/Waites.
Berikut
ini merupakan penjelasan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan,
yakni :
1.
Banquet Manager
a) Bertanggung
jawab terhadap kelancaran operational di bagian Banquet dari persiapan,
melayani tamu, sampai tutup kegiatan (closing).
b) Melakukan
koordinasi dengan department lain seperti bar, HK, kitchen, steward, dll.
c) Menangani
adminitrasi seperti perjanjian dengan tamu, pemesanan barang dan alat,
scheduling, dll.
d) Mengawasi
bawahan dalam bekerja.
e) Membantu
bawahan dalam bekerja.
f) Memberikan
pengarahan kepada karyawan.
g) Melatih
dan meningkatkan kemampuan bawahan.
h) Membuat
table plan, dll.
2.
Banquet Supervisor
a) Bertanggung
jawab terhadap kelancaran pelayanan dalam setiap kegiatan/event.
b) Membuat
scheduling.
c) Mengawasi
persiapan dalam suatu event.
d) Mengkoordinir
pekerjaan dengan bawahan.
e) Membuat
laporan setelah selesai kegiatan/event.
f) Menangani
tamu datang.
g) Menangani
tamu yang bermasalah.
h) Memberikan
pengarahan (briefing)
3.
Banquet Captain
a) Mengkoordinir
pekerjaan dalam suatu event mulai dari persiapan sampai tutup.
b) Mengawasi
bawahan secara langsung dalam bekerja.
c) Melakukan
taking order.
d) Menangani
masalah tamu.
e) Menyuguhkan
guest bill, dll.
4.
Banquet Waiter/Es
a) Melakukan
persiapan dalam setiap event.
b) Melakukan
pelayanan kepada tamu.
c) Membersihkan
peralatan.
d) Mengatur
meja dan kursi (table plan).
e) Table
set-up.
f) Membuat
meja buffet.
g)
Melakukan closhing,
dll.
3.2
Saran
Demikian
pemaparan tentang “Fasilitas
Dan Pelayanan Banquet Pada Food And Beverage Departemen” oleh
penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya. Untuk itu,
penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun kritik kepada
penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap makalah ini
bermanfaat bagi para pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
http://ryan-banquet.blogspot.com/2010/01/?m=1 (Dikutip 17 Maret
2021)
http://repository.polimdo.ac.id/1045/ (Dikutip 17
Maret 2021)
https://id.scribd.com/document/392059702/Makalah-Opp-Jesica (Dikutip 17
Maret 2021)
https://notemuza.blogspot.com/2021/08/makalahtugas-akhir-perhotelan-tentang_18.html (Dikutip 17 Maret 2021)
No comments:
Post a Comment