Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Wednesday, August 18, 2021

Makalah/Tugas Akhir Perhotelan Tentang "Fasilitas & Pelayanan Banquet Pada Food and Beverage Department"

MAKALAH / TUGAS AKHIR
Perhotelan
Prosedur & Pelayanan Banquet Pada Food and Beverage

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:

KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................

UNIVERSITAS/SEKOLAH TINGGI ILMU.......................
FAKULTAS............................
PROGRAM STUDI..........................
TAHUN AJARAN 20.... - 20....

KATA PENGANTAR
 
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
 
Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan sebuah pembahasan tentang “Food and Beverage tentang Fasilitas dan Pelayanan Banquet”.
Tugas akhir ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan tugas akhir ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu ............................. dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan tugas akhir ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki tugas akhir ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
 
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 
Palembang,                20....


Penulis


DAFTAR ISI
 
COVER ......................................................................................................        i
LEMBAR PENGESAHAN .....................................................................        ii
KATA PENGANTAR .............................................................................        iii
DAFTAR ISI .............................................................................................        iv
BAB I : PENDAHULUAN ......................................................................        1
1.1          Latar Belakang ..................................................................       1
1.2          Rumusan Masalah ............................................................        1
1.3          Tujuan ...............................................................................         2
BAB II : PEMBAHASAN ........................................................................         3
2.1         Pengertian Banquet ..........................................................         3
2.2         Tugas dan Tanggung Jawab Banquet ............................         4
2.3         Peralatan dan Pelengkapan Yang Digunakan Banquet         5
2.4         Sistem Pelayanan Banquet ...............................................        7
2.4.1         Banquet Set Up ......................................................      10
2.4.2         Banquet Menu .......................................................       11
2.4.3         Buffet Table ...........................................................        11
2.4.4         Menetapkan Buffet Table Untuk Coffe Break ...       12
2.4.5         Table Layout .........................................................        12
BAB III : PENUTUP ................................................................................        13
3.1       Kesimpulan ........................................................................        13
3.2       Saran ..................................................................................        14
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................        15


BAB I
PENDAHULUAN
 
1.1         Latar Belakang
Hotel merupakan salah satu factor pendukung pariwisata yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan sarana dan prasarana, dimana hotel sebagai salah satu jenis akomodasi yang terlibat secara langsung dalam penyediaan jasa penginapan, makan, dan minum serta fasilitas lain yang diharapkan memberikan kepuasan bagi setiap orang yang memakai jasa tersebut.
Didalam sebuah hotel terdapat beberapa department yang berperan penting dalam kelancaran operasional hotel. Salah satu department yang penting dalam keberadaanya adalah food & beverage department. Food & beverage department adalah salah satu bagian yang melayani dan mengelola makanan dan minuman untuk tamu dalam hotel. Food & beverage ini terbagi dua, yaitu food & beverage product dan food & beverage service.
Food & beverage product adalah bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding. Sedangkan food & beverage service adalah bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet, dan room service. Banquet merupakan kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Menurut pendapat Heru Riyadi (2015:180) Banquet adalah salah satu bagian dari hotel yang tidak hanya menyediakan makanan atau minuman, tapi mengatur dan merencanakan sebuah acara mulai dari ruangan yang akan digunakan, perlengkapan yang diperlukan serta hal-hal lain yang menunjang acara tersebut sesuai dengan yang mempunyai acara.
 
1.2         Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.        Apa yang dimaksud dengan Banquet?

2.        Apa yang dimaksud dengan Tugas dan Tanggung Jawab Banquet?

3.        Sebutkan peralatan dan perlengkapan yang digunakan Banquet?

4.        Bagaimana tujuan dari Food & Beverage Dapartemen?

5.        Sebutkan sistem pelayanan Banquet?

 
1.3         Tujuan
Tujuan makalah ini adalah menambah wawasan tentang Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang. Selain itu pembaca juga memperoleh gambaran tentang langkah-langkah saat Food & Beverage Dapartemen dan pelayanan Tata Hidang dan juga sebagai tambahan informasi dari penulis tentang pelayanan Tata Hidang.


BAB II
PEMBAHASAN
 
2.1         Pengertian Banquet
Banquet merupakan kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Menurut pendapat Heru Riyadi (2015:180) Banquet adalah salah satu bagian dari hotel yang tidak hanya menyediakan makanan atau minuman, tapi mengatur dan merencanakan sebuah acara mulai dari ruangan yang akan digunakan, perlengkapan yang diperlukan serta hal-hal lain yang menunjang acara tersebut sesuai dengan keinginan yang mempunyai acara.
Menurut pendapat Mertayasa I Gede Agus (2012:82) Banquet berasal dari  bahasa perancis yaitu banchyang dalam bahasa inggris benchyang berarti bangku panjang. Dalam bidang restoran, banquet berarti sekumpulan orang yang berada dalam suatu ruanga tertentu (private room) yang bertujuan untuk menikmati makanan dan minuman dalam rangka merayakan perayaan tertentu dan diatur dalam suatu tempat duduk tertentu.
Menurut Raymond J. (2002:86) Banquet Service (pelayanan jamuan) adalah bentuk pelayanan yang dilakukan secara seretak, yang mana, semua tamu dilayani pada waktu yang sama, semua penataan, menu minuman, anggur, dan waktunyaharus dijadwalkan dengan hati-hati sebelum acara yang sebenarnya. Bedasarkan beberapa pengertian tersebut diatas, penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa :Banquet adalah pelayanan suatu acara yang sudah dipesan  dan di rencanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan dan minuman,  ruangan dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu. Pelayanan Banquet dalam melaksanakan kegiatannya dipimpin oleh seorang  Banquet Manager, Banquet Supervisor, Banquet Captain, Banquet Captain, Banquet, dan Waiter/Waites.
 
2.2         Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
Berikut ini merupakan penjelasan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan, yakni :
1.        Banquet Manager
a.   Bertanggung jawab terhadap kelancaran operational di bagian Banquet dari persiapan, melayani tamu, sampai tutup kegiatan (closing).

b.   Melakukan koordinasi dengan department lain seperti bar, HK, kitchen, steward, dll.

c.    Menangani adminitrasi seperti perjanjian dengan tamu, pemesanan barang dan alat, scheduling, dll.

d.   Mengawasi bawahan dalam bekerja.

e.   Membantu bawahan dalam bekerja.

f.    Memberikan pengarahan kepada karyawan.

g.   Melatih dan meningkatkan kemampuan bawahan.

h.   Membuat table plan, dll.

2.        Banquet Supervisor

a.     Bertanggung jawab terhadap kelancaran pelayanan dalam setiap kegiatan/event.

b.    Membuat scheduling.

c.    Mengawasi persiapan dalam suatu event.

d.    Mengkoordinir pekerjaan dengan bawahan.

e.    Membuat laporan setelah selesai kegiatan/event.

f.     Menangani tamu datang.

g.    Menangani tamu yang bermasalah.

h.    Memberikan pengarahan (briefing)

3.        Banquet Captain

a.    Mengkoordinir pekerjaan dalam suatu event mulai dari persiapan sampai tutup.

b.    Mengawasi bawahan secara langsung dalam bekerja.

c.    Melakukan taking order.

d.    Menangani masalah tamu.

e.    Menyuguhkan guest bill, dll.

4.        Banquet Waiter/Es

a.    Melakukan persiapan dalam setiap event.

b.    Melakukan pelayanan kepada tamu.

c.    Membersihkan peralatan.

d.    Mengatur meja dan kursi (table plan).

e.    Table set-up.

f.     Membuat meja buffet.

g.    Melakukan closhing, dll.

 
2.3         Peralatan dan Perlengkapan Yang digunakan Banquet

Menurut Marsum WA (2001:17) Furniture atau perabot untuk keperluan restoran harus benar-benar diseleksi secara cermat sehingga semua dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhannya. Furniture tersebut harus praktis, nyaman dipakai, serta sedap dipandang. Pada dasarnya peralatan yang ada di banquet hampir sama dengan peralatan yang terdapat di restoran, secara umum peralatan-peralatan yang dipergunakan untuk operasional banquet mencakup : Linen, Chinaware, Cutlery, Glassware, Miscellaneous.
1.       Linen

Linen adalah peralatan yang terbuat dari kain dipergunakan untuk memperindah serta merapikan meja. Berikut ini Linen yang biasa dipergunakan pada Banquet.
a.     Table Cloth, yaitu taplak meja untuk menutupi agar keliatan rapi.

b.     Napkin, yakni serbet untuk membersikan mulut tamu setelah selesai makan.

c.     Skirting, yaitu kain yang menutup bagian samping meja (keliling atau setengah keliling)

2.       Chinaware

Chinaware yaitu barang pecah belah.Umumnya dipergunakan sebagai tempat makan atau minum yang bahan bakunya terdiri dari tanah liat, pada umumnya bagian pinggir dibuat dengan motif kembang dan ada juga yang polos. Berikut ini adalah jenis-jenis yang biasanya dipergunakan pada Banquet dan kegunaanya :
a.    Dinner platedengan diameter 25 cm merupakan piring besar, gunanya untuk menyajikan berbagai macam hidangan main course.

b.    Soup plate, piring cekung untuk hidangan sup dengan diameter 22 cm.

c.    Soup bowl, yaitu mangkuk untuk penyajian beberapa jenis sup dan juga cereal, dengan diameter 18 cm.

d.    Bread & Butter Plate, piring untuk menyajikan roti, dengan diameter sekitar 15 cm.

e.    Tea cup & Soucer, yaitu cangkir dan piringnya khusus untuk penyajian minun kopi dan teh

3.       Cutlery

Cutlery adalah alat makan dan minum yang berfungi untuk memotong, menggunting makanan, dan memindahkan makanan ke dalam mulut, peralatan ini umumnya terbuat dari bahan Stainless steel.

a.      Dinner Fork, yaitu garpu yang digunakan untuk penyajian makanan utam / pokok (main course).

b.      Dessert Fork, yaitu garpu yang dipergunakan untuk penyajian makanan penutup (Dessert).

c.      Serving Fork, yaitu garpu besar untuk penyajian jenis makanan ikan.

d.      Dinner Spoon, yaitu sendok yang digunakan untuk makanan pokok.

e.      Dessert Spoon, yaitu sendokyang digunakan untuk makan penutup (Dessert).

f.       Tea / Coffee Spoon, yaitu sendok itu mengaduk teh atau kopi.

4.       Glass ware

Glass ware merupakan peralatan untuk penyajian minuman, secara keseluruhan jenis gelas dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu gelasyang berkaki dan gelas yang tidak berkaki.
a.   Water Goblet, gelas yang dipergunakan untuk penyajian air minum, sebagai pengiring makan, jenis gelas ini umumnya berkaki

b.   Fruit Cocktail Glass, gelas yang dipergunakan untuk penyajian makanan penutup seperti :ice cream.

c.   Beer Glass, gelas yang dipergunakan penyajian minuman beer dan sejenisnya.

d.   Miscellaneous ( Peralatan Penyajian Lainnya )

Berikut ini adalah jenis-jenis Miscellaneous yang biasanya dipergunakan pada Banquet dan kegunaannya :
1)       Flower Vase, tempat bunga untuk menghias meja.

2)       Asthray, asbak tempat abu rokok.

3)      Water Pitcher, semacam teko dari gelas atau stainless steel untuk tempat air minum, umumnya air es.

4)      Tray, baki yang dipergunakan untuk membawa makanan dan minuman. Bentuknya ada yang oval, bulat, dan persegi.

5)      Creamer, yaitu teko kecil unruk tempat susu kental atau fresh milk.

6)      Chaffing Dish, yaitu pemanas yang menjaga makanan tetap hangat.Bagian banquet juga memiliki beberapa alat khusus yang tidak ada di departemen lain, alat ini sering digunakan dalam pertemuan-pertemuan atau seminar.

7)      Alat tersebut adalah:

1.        Alat tulis

2.        Paper pad / kertas

3.        White Board

4.        Projectors (OHP)

5.        Sound System

6.        Banquet room

7.        Screen, dll.

 
2.4         Sistem Pelayanan Banquet

Menurut I GedeAgus Mertayasa (2012:107) Pelayanan di banquet akan dapat dilaksanakan apabila sudah ada kesepakatan antara pihak tamu yang memesan dengan pihak hotel/banquet sebagai penyelenggara. Ada beberapa jenis pelayanan yang selalu di pakai dalam praktisi makan dan minum di banquet pada seluruh hotel yaitu :
a)        Table service (American service, Russian service, French service and English service).

b)        Buffet Service

 
1.        Table service

a.    American Service

American service adalah salah satu cara menghidangkan makanan di ruang makan/restoran, di mana makanan tersebut sudah disiapkan di atas piring secara lengkap dan menarik dari dapur oleh petugas dapur dan kemudian dihidangkan disebelah kanan tamu dengan menggunakan tangan kanan dan yang dilayani adalah wanita terlebih dahulu. Jenis ini dapat dilakukan dengan cepat sebab makanan sudah disiapkan di atas piring, sehingga sering juga disebut dengan service cepat (quick service)
Prosedur pelayanan:
1.       Mengecek kelengkapan makanan yang ada di dapur sebelum diambil. Seperti souce, garnish, penampilan, dll.

2.       Menyuguhkan makanan dari sebelah kanan tamu dengan menggunakan tangan kanan, dan putarannya searah jarum jam dari tamu wanita.

3.       Mempersilahkan tamu makan.

4.       Melakukan clear up/mengambil alat kotor di hadapan tamu dari sebelah kanan dan putarannya searah jarum jam.

 
b.       Russian Service/ Platter Service

Platter Service merupakan salah satu service mewah yang digunakan di restoran.Service ini digunakan pada restoran formal/mewah/resmi.Platter service adalah salah satu teknik pelayanan makanan di mana makanan tersebut ditata secara baik dan menarik diatas sebuah piring dari dapur dan akan dihidangkan kepada tamu dari sebelah kiri tamu dengan mempergunakkan service set, berlawanan arah jarum jam (unclock wish ).
Prosedur pelayanan:
1.    Menerima tamu direstoran.

2.    Melakukan taking/mengambil pesanan.

3.    Makanan akan disiapkan di atas platter secara menarik oleh chef di dapur.

4.    Meletakkan piring kosong di atas meja tamu (searah jarum jam). Piring-piring tersebut diletakkan di hadapan tamu (2cm)dari sebelah kananJika piringnya panas, maka alasilah/bungkuslah telapak tangan service cloth.

5.   Memperlihatkan dan menjelaskan makanan kepada tamu (presenting the food) merupakan suatu keharusan, sebelum makanan tersebut dipindahkan ke piring tamu.

6.   Menyajikan makanan, yaitu memindahkan makanan dari platter ke piring piring dari sebelah kiri tamu dengan mempergunakan service set (dinner spoon and dinner fork) atau soup ladle kalau berupa sup. Aturlah porsi dengan baik dan menarik serta sama rata. Di sini diperlukan kecakapan pramusaji dalam menggunakan service set tersebut. Kalau berupa main course mulailah dari garnish plate, daging, sayur, kentang,dan terakhir adalah sauce. Putarannya adalah berlawanan arah jarum jam.

7.   Mempersilahkan tamu untuk makan dan kalau ada sisa makanan di atas platter harus dikembalikan ke dapur.

8.   Clear up dilakukan dari sebelah kanan.

c.       English Service

English Service lebih dikenal dengan istilah family service karena lebih mencerminkan suasana kekeluargaan.English service diterapkan pada jamuan makan di pesta keluarga atau kelompok yang orang orangnya akrab satu sama lain.English Service memiliki service yang khas antara lain hidangan yang telah disiapkan dibagikan oleh tuan rumah kepada tamu atau tamu tetap duduk danmengambil sendiri hidangan yang telah diestafetkan mulai dari tamu yang berada disebelah kanan tuan rumah dan seterusnya searah jarum jam dan terakhir tuan rumah sendiri.
 
2.       Buffet service/Self Service

Buffet merupakan salah satu tipe pelayanan di ruang makan maupun dalam jamuan dengan cara menghidangkan makanan mulai dari makanan pembuka hingga makanan manis (dessert) yang di tata di atas meja display dan para tamu bebas mengambil sendiri hidangan yang disukainya (self service). Pada dasarnya buffet service bertujuan untuk mengurangi kesibukan pramusaji di ruangan makan maupun kesibukan petugas di dapur. Seorang petugas harus selalu mengadakan koordinasi antara petugas buffet dan petugas dapur. Seorang petugas dapur harus selalu siap di belakang meja buffet dengan pakaian yang lengkap dan bersih, yang bertugas:
a.        Berfungsi sebagai tuan rumah yang menyajikan, menerangkan, dan membantu untuk mengambilnya.

b.       Memotong daging serta menyajikan.

c.       Menambah serta melengkapi makanan yang terpanjang dalam buffet.

d.       Memeriksa peralatan agar berfungsi untuk menjaga

Di dalam langkah-langkah pelaksanaan banquet, beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah mengenai persiapan banquet set up, banquet menu, buffet table, table lay out, dll.
 
2.4.1   Banquet set up

Kegiatan di banquet akan dilayani setelah terjadi kesepakatan antara pihak banquet dengan pihak tamu (pemesan). Setelah itu akan dilakukan pemeliharaan kesepakatan tersebut, khususnya dilakukan oleh pihak hotel. Dari kesepakatan tersebut selanjutnya akan dilakukan persiapa-persiapan oleh semua departemen/section yang terlibat dalam eventtersebut. Banquet akan melakukan banquet set up sesuai dengan jenis kegiatan.
 
2.4.2   Banquet menu

Kegiatan di banquet lebih banyak melayani tamu dalam jumlah banyak/group. Kegiatan ini terjadi kalau sudah ada kesepakatan antara pihak hotel dengan pihak tamu. Salah satu yang menjadi pokok kesepakatan mereka adalah jenis menu dan pelayanan yang digunakan. Biasanya menu banquet disajikan dalam bentuk set menu/table d’hote menu yaitu suatu susunan hidangan lengkap mulai dari makanan pembuka (appetizer) sampai dengan penutup (dessert). Dalam pelaksanaanya, set menu ini akan ditata di atas meja makan/buffet table secara menarik dan tamu akan melayani dirinya sendiri (self service). Set menu yang disajikan dapat berbentuk:

a.         Set menu untuk makan pagi (breakfast)

b.        Set menu untuk makan siang (lunchion)

c.        Set menu untuk makan malam (dinner)

d.        Set menu special, seperti: wedding, cocktail, birthday menu, dan yang lainnya.

 
 2.4.3   Buffet Table

Meja buffet (buffet table) adalah sebuah meja besaryang digunakan untuk Memajang makanan secara lengkap dan menarik, tamu akan mengambil dan melayani diri sendiri. Meja buffet ini akan disiapkanoleh pramusaji banquet pada saat.melakukan persiapan, makanan akan disiapkan di atas meja buffet itu dalam sebuah alat penghidangan yang disebut dengan chaping dish. Dalam menyiapkan dan membuat meja buffet perlu memperhatikan beberapa factor,yaitu:
a.         Jenis kegiatan.

b.        Jumlah tamu.

c.        Jumlah dan jenis makanan.

d.        Jumlah dan jenis peralatan yang di set up di atas meja buffet.

e.        Dekorasi.

f.         Tempat yang tersedia.

g.        Bentuk meja buffet

 
2.4.4   Menyiapkan Buffet Table Untuk Coffee Break

Coffee break adalah pelayanan penghidangan kopi dan teh yang dilakukan kepada tamu pada waktu istirahatdi sela-sela jam pertemuan mereka. Biasanya dilakukan pada jam 10 pagi dan jam 3 sore.Makanan yang dihidangkan sangat terbatas jumlahnya dan sifatnya ringan, seperti macam-macam jajan (snack), kopi, teh, jus, kacang, kerupuk, dll. Persiapan yang dilakukan:
1)       Menyiapkan meja buffet yang dilengkapi dengan peralatan seperti tea cups, dessert plate, cutleries, dll.

2)      Menyiapkan beberapa meja sebagai side standyang dilengkapi dengan astray.

 
2.4.5   Table layout

a.       U shape

Pengaturan dimana meja kursi disusun seperti huruf U. Diatas meja dipasang green velvet sebagai penutup, yang menjuntai ke bawah sampai menutup kaki meja.Di tepi luar meja dipasang kursi-kursi sesuai keperluan
b.       I shape

Pngaturan meja dan kursi dengan model I shape tidak memiliki head table. Semua peserta mempunyai kedudukan yang sama. Salah seorang di antara mereka diangkat menjadi ketua yang memimpin pertemuan
c.       Class room style

Model ini sama seperti penataan meja dan kursi di ruang kelas atau kuliah di mana para peserta duduk di kursi di belakang meja sambil mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara sambil mencatatat bila mana perlu
d.       Theatre Style

Dalam sidang pleno atau rapat pembukaan suatu acara yang diikuti oleh banyak peserta, biasanya ruangan hanya dipasangi kursi saja agar dapat menampung banyak orang. Meja dipasang di bagian depan bersama dengan kursinya sebagai head table untuk ketua sidang.

BAB III
PENUTUP
 
3.1         Kesimpulan

Banquet merupakan kegiatan pesta atau jamuan makan yang di selenggarakan di hotel, baik itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut. Banquet Service (pelayanan jamuan) adalah bentuk pelayanan yang dilakukan secara seretak, yang mana, semua tamu dilayani pada waktu yang sama, semua penataan, menu minuman, anggur, dan waktunyaharus dijadwalkan dengan hati-hati sebelum acara yang sebenarnya.Pelayanan Banquet dalam melaksanakan kegiatannya dipimpin oleh seorang  Banquet Manager, Banquet Supervisor, Banquet Captain, Banquet Captain, Banquet, dan Waiter/Waites.
Berikut ini merupakan penjelasan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan, yakni :
1.        Banquet Manager

a)   Bertanggung jawab terhadap kelancaran operational di bagian Banquet dari persiapan, melayani tamu, sampai tutup kegiatan (closing).

b)   Melakukan koordinasi dengan department lain seperti bar, HK, kitchen, steward, dll.

c)   Menangani adminitrasi seperti perjanjian dengan tamu, pemesanan barang dan alat, scheduling, dll.

d)   Mengawasi bawahan dalam bekerja.

e)   Membantu bawahan dalam bekerja.

f)    Memberikan pengarahan kepada karyawan.

g)   Melatih dan meningkatkan kemampuan bawahan.

h)   Membuat table plan, dll.

2.        Banquet Supervisor

a)    Bertanggung jawab terhadap kelancaran pelayanan dalam setiap kegiatan/event.

b)    Membuat scheduling.

c)    Mengawasi persiapan dalam suatu event.

d)    Mengkoordinir pekerjaan dengan bawahan.

e)    Membuat laporan setelah selesai kegiatan/event.

f)     Menangani tamu datang.

g)    Menangani tamu yang bermasalah.

h)    Memberikan pengarahan (briefing)

3.        Banquet Captain

a)    Mengkoordinir pekerjaan dalam suatu event mulai dari persiapan sampai tutup.

b)    Mengawasi bawahan secara langsung dalam bekerja.

c)    Melakukan taking order.

d)    Menangani masalah tamu.

e)    Menyuguhkan guest bill, dll.

4.        Banquet Waiter/Es
a)    Melakukan persiapan dalam setiap event.
b)    Melakukan pelayanan kepada tamu.
c)    Membersihkan peralatan.
d)    Mengatur meja dan kursi (table plan).
e)    Table set-up.
f)     Membuat meja buffet.
g)    Melakukan closhing, dll.
 
3.2         Saran
Demikian pemaparan tentang “Fasilitas Dan Pelayanan Banquet Pada Food And Beverage Departemen” oleh penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya. Untuk itu, penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun kritik kepada penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.
 

DAFTAR PUSTAKA
 

No comments:

Post a Comment