Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Sunday, January 26, 2020

Makalah Administrasi Umum Tentang "Menerapkan Pencarian Data Komputer"

MAKALAH
Administrasi Umum
“Menerapkan Pencarian Data Komputer”

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:

KELOMPOK ....
1.       ..........................................
2.       ..........................................
3.       ..........................................
4.       ..........................................
5.       ..........................................
6.       ..........................................
7.   ..........................................

SMA/SMK ............................................
TAHUN AJARAN 20....-20....


KATA PENGANTAR

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Administrasi Umum ini dengan sebuah pembahasan tentang “Menerapkan Pencarian Data Komputer”.

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada guru pembimbing pelajaran Administrasi Umum, dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Palembang,      Januari 2020



Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGATAR .................................................................................................          i
DAFTAR ISI .............................................................................................................         ii
BAB I      : PENDAHULUAN ..................................................................................         1
1.1    Latar Belakang ................................................................................        1
1.2    Rumusan Masalah ...........................................................................        1
1.3    Tujuan ..............................................................................................         2
1.4    Manfaat  ...........................................................................................         2
BAB II    : PEMBAHASAN .....................................................................................          3
2.1    Pengertian Pencarian Data .............................................................         3
2.2    Metode-Metode Pencarian Data .....................................................        3
2.2.1 Sequential Search ...................................................................         3
2.5.2 Binary Search .........................................................................         4
2.5.3 Pencarian Linier .....................................................................         4
2.3    Lokasi-Lokasi Umum Untuk Mencari Berkas/Data Komputer ..        5
2.4    Cara Mencari Data/Berkas Melalui Search Di Windows ............        7
BAB III   : PENUTUP ...............................................................................................         9
A.      Kesimpulan ......................................................................................         9
B.       Saran .................................................................................................        9
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................       10


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pada zaman yang segala berkaitan dengan teknologi modern sekarang ini, betapa pentingnya setiap individu untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah untuk mengoperasikan komputer serta mencari data yang telah tersimpan didalamnya. Pencarian (searching) merupakan proses yang sering digunakan dalam pengelolaan data. Pencarian data adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melakukan pencarian data. Sebagai contoh, jika kita menggunakan Kamus untuk mencari kata-kata dalam Bahasa Inggris yang belum diketahui terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Contoh lain saat kita menggunakan buku telepon untuk mencari  nomor telepon teman atau kenalan dan masih banyak contoh yang lain.
Proses pencarian adalah menemukan nilai (data) tertentu di dalam sekumpulan data yang bertipe sama (baik bertipe dasar atau bertipe bentukan). Data dapat disimpan secara temporer dalam memori utama atau disimpan secara permanen di dalam memori sekunder (tape atau disk). Didalam memori utama, struktur penyimpanan data yang umum adalah brupa larik atau tabel (array), sedangkan di dalam memori sekunder berupa arsip (file). Aktivitas yang berkaitan dengan pengolahan data ini sering di dahului dengan proses pencarian. Sebagai contoh, untuk mengubah (update) data tertentu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari keberadaan data tersebut di dalam kumpulannya.

1.2         Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.        Apa yang di maksud pencarian data?
2.        Apa metode-metode dalam pencarian data?
3.        Dimana lokasi-lokasi umum untuk mencari berkas/data komputer?
4.        Bagaimana cara mencari data/berkas melalui search di windows?


1.3         Tujuan
Dari pemaparan Rumusan masalah di atas maka tujuannya adalah sebagai berikut:
1.        Untuk mengetahui pengertian pencarian data
2.        Untuk mengetahui bagaimana metode-metode pencarian data
3.        Untuk mengetahui lokasi-lokasi umum untuk mencari berkas/data komputer
4.        Untuk mengetahui cara mencari data/berkas melalui search di windows

1.4         Manfaat
Dari pemaparan tujuan penulisan di atas maka manfaatnya adalah sebagai berikut:
1.        Menambah pemahaman tentang pencarian data komputer
2.        Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pencarian data komputer
3.        Memperoleh informasi lebih jauh mengenai tata cara pencarian data komputer


BAB II
PEMBAHASAN

2.1         Pengertian Pencarian Data
Pencarian (search) didalam ilmu komputer merupakan kegiatan untuk mendapatkan suatu bentuk informasi yang terdapat di dalam berkas. Sedangkan data adalah sekumpulan keterangan atau fakta mentah berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang didapatkan melalui proses pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu. Pencarian data (Searching) adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
Pencarian merupakan proses yang sering digunakan dalam pengelolaan data. Proses pencarian adalah menemukan nilai (data) tertentu di dalam sekumpulan data yang bertipe sama (baik bertipe dasar atau bertipe bentukan). Data dapat disimpan secara temporer dalam memori utama atau disimpan secara permanen di dalam memori sekunder (tape atau disk). Didalam memori utama , struktur penyimpanan data yang umum adalah brupa larik atau tabel (array), sedangkan di dalam memori sekunder berupa arsip (file). Pencarian data sering juga disebut dengan table look-up atau store and retrieval information. Hasil dari suatu pencarian dapat bernilai salah (tidak ketemu atau tidak sukses) atau benar (ketemu atau sukses). Untuk data yang tidak ketemu biasanya ada prosedur tersendiri untuk menambah atau menyisipkan data yang belum ada tersebut.

2.2         Metode-Metode Pencarian Data (Searching)
Berikut adalah metode-metode yang digunakan dalam pencarian data sebagai berikut:

2.2.1   Sequential Search
Pencarian sekuensial (sequential search) atau sering disebut pencarian linier menggunakan prinsip sebagai berikut: data yang ada di bandingkan satu persatu secara berurutan dengan yang dicari. Pada dasarnya, pencarian ini hanya melakukan pengulangan dari 1 sampai dengan jumlah data. Pada setiap perulanga, di bandingkan data ke-i dengan yang dicari. Apabila sama, berarti data telah ditemukan. Sebaliknya apabila sampai akhir pengulangan, tidak ada yang sama berarti data tidak ada.



2.2.2   Binary Search
Salah satu syarat pencarian biner (binary search) dapat dilakukan adalah data sudah dalam keadaan terurut. Dengan kata lain, apabila data belum dalam keadaan terurut, pencarian biner tidak dapat dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita juga sering menggunakan pencarian biner. Misalnya saat kita ingin mencari suatu kata dalam kamus. Pencarian biner merupakan salah satu cara atau metode untuk melaksanakan proses pencarian.
Cara ini merupakan cara yang paling cepat di antara metode-metode yang lainnya. Metode pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama-tama data-data yang sudah ada harus diurutkan dahulu. Selanjuutnya data yang sudah diurutkan tadi disebut sebagai vektor. Kemudian vektor tadi dibagi menjadi dua subvektor yang memiliki jumlah elemen yang sama, kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data terakhir dari subvektor pertama. Jika data tersebut lebih kecil maka berarti data kemungkinan ada di subvektor pertama, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor pertama dengan terlebih dahulu membagi subvektor tadi menjadi dua subvektor. Jika lebih besar maka berarti data kemungkinan ada di subvektor kedua, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor kedua dengan terlebih dahulu menbagi subvektor tadi menjadi dua subvektor.

2.2.3   Pencarian Linier
Pencarian berurutan sering disebut pencarian linear merupakan metode pencarian yang paling sederhana.  Pencarian berurutan menggunakan prinsip sebagai berikut : data yang ada dibandingkan satu per satu secara berurutan dengan yang dicari sampai data tersebut ditemukan atau tidak ditemukan.
Pada dasarnya, pencarian ini hanya melakukan pengulangan dari 1 sampai dengan jumlah data.  Pada setiap pengulangan, dibandingkan data ke-i dengan yang dicari.  Apabila sama, berarti data telah ditemukan.   Sebaliknya apabila sampai akhir pengulangan tidak ada data yang sama, berarti data tidak ada.  Pada kasus yang paling buruk, untuk N elemen data harus dilakukan pencarian sebanyak N kali pula.
Pencarian linear dapat digunakan untuk mencari sebuah list tak berurut. Pencarian biber  adalah pencarian yang lebih efisien yang dapat digunakan untuk mencari sebuah list berurut. Jika diperlukan beberapa kali pencarian, disarankan untuk menggunakan struktur data yang lebih efisien. Satu pendekatan adalah dengan mengurutkan terlebih dahulu kemudian gunakan pencarian biner untuk setiap pencarian. Cara lain yang lazim adalah membuat sebuah tabel hash dan dilakukan pencariaan hash.
2.3         Lokasi-Lokasi Umum Untuk Mencari Berkas/Data Komputer
Jika Anda mengalami kendala mencari sebuah berkas/data, maka sebaiknya Anda mencari di beberapa tempat di bawah ini :
·           Recent Places
Jika Anda baru saja mengedit berkas yang sedang Anda cari, maka coba cari di folder ini. Untuk menampilkan folder "Recent Places", buka Windows Explorer (atau File Explorer), kemudian cari dan pilih "Recent Places" (di bawah Favorites pada panel sebelah kiri jendela). Di sini akan ditampilkan folder atau berkas yang baru saja Anda gunakan. Coba carilah berkas Anda di beberapa folder di "Recent Places" untuk melihat apakah Anda dapat menemukannya di sini.

·          Downloads
Komputer akan meletakkan berkas yang Anda unduh dari internet di folder ini secara default. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan berkas yang Anda unduh dari internet (misal: lampiran berkas foto di e-mail), maka sebaiknya Anda mencari di sini terlebih dahulu. Untuk melihat folder Downloads, buka Windows Explorer kemudian cari dan pilih Downloads (di bawah Favorites pada panel sebelah kiri jendela). Daftar berkas-berkas yang baru saja Anda unduh dari internet akan ditampilkan di sini.

·          Folder Standar (default)
Jika Anda tidak menentukan lokasi folder spesifik untuk menyimpan berkas, maka Windows akan meletakkan beberapa jenis berkas ke dalam folder ini. Misalnya jika Anda sedang mencari berkas dokumen Microsoft Word, maka Anda dapat mencoba mencarinya di folder Documents. Jika Anda sedang mencari berkas foto, maka coba cari di folder Pictures. Sebagian besar folder ini dapat diakses di panel kiri jendela Windows Explorer.

·          Recycle Bin
Jika Anda menghapus berkas karena ketidaksengajaan, mungkin berkas itu masih berada di Recycle Bin. Klik 2x ikon Recycle Bin pada desktop untuk membukanya. Jika Anda menemukan berkas yang Anda cari , maka klik dan geser ke desktop atau folder yang Anda inginkan.

2.4         Cara Mencari Data/Berkas Melalui Search Di Windows
Ø  Langkah-langkah mencari berkas (pada Windows 7 dan sebelumnya):
Klik tombol Start, ketikkan nama berkas melalui keyboard dan tekan Enter. Hasil pencarian akan ditampilkan. Klik berkas atau folder yang Anda inginkan.

Ø  Langkah-langkah mencari berkas (pada Windows 8):
Klik tombol Start untuk menuju ke layar Start, kemudian ketikkan nama berkas yang Anda maksud. Hasil pencarian akan ditampilkan di sebelah kanan layar. Klik berkas atau folder yang Anda inginkan untuk membukanya.

Jika Anda masih kesulitan mencari berkas yang Anda butuhkan, berikut ini adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda coba lakukan:
·           Coba ketikkan kata kunci pencarian yang berbeda. Jika Anda menggunakan opsi pencarian, coba gunakan kata yang berbeda dalam pencarian Anda. Misalnya jika Anda sedang mencari berkas dokumen Microsoft Word tertentu, maka cobalah mencari dengan kata yang berbeda dengan nama berkasnya.
·           Bukalah aplikasi terakhir yang digunakan untuk mengedit berkas tersebut. Jika Anda tahu aplikasi apa yang Anda pakai untuk mengelola berkas yang sedang Anda cari, maka buka aplikasi tersebut lalu pilih File Recent dari menu aplikasi. Kemungkinan berkas yang Anda cari ada dalam daftar berkas yang baru saja Anda edit.

·           Segera pindahkan dan ganti nama berkas yang telah berhasil Anda temukan. Setelah Anda menemukan berkas yang Anda cari, Anda mungkin ingin memindahkannya ke folder lain yang lebih mudah Anda ingat di masa depan. Sebagai contoh, jika berkas adalah sebuah gambar maka Anda mungkin memindahkannya ke folder Foto. Anda juga dapat memberi nama kepada berkas tersebut dengan nama yang mudah Anda ingat.


BAB III
PENUTUP

3.1         Kesimpulan
Pencarian (search) didalam ilmu komputer merupakan kegiatan untuk mendapatkan suatu bentuk informasi yang terdapat di dalam berkas. data adalah sekumpulan keterangan atau fakta mentah berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang didapatkan melalui proses pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu. Pencarian data (Searching) adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
            Metode pencarian data itu ada tiga yaitu; 1. Pencarian sekuensial (sequential search) atau sering disebut pencarian linier menggunakan prinsip sebagai berikut: data yang ada di bandingkan satu persatu secara berurutan dengan yang dicari. 2. sebuah teknik untuk menemukan nilai tertentu dalam sebuah larik (array) linear, dengan menghilangkan setengah data pada setiap langkah, dipakai secara luas tetapi tidak secara ekslusif dalam ilmu komputer. 3. Pencarian Linier adalah pencarian data secara linier (garis lurus), artinya adalah pencarian dilakukan secara teratur (secara sekuensial) dari awal sampai akhir data (atau bisa juga dari akhir ke awal data) untuk mencari sebuah nilai tertentu pada sebuah himpunan data.
Lokasi-lokasi dalam pencarian data/berkas komputer sebaiknya dicari; Recent Places, Downloads, Folder standar, dan Recycle Bin. Cara mencari data/berkas melalui search di windows; untuk widows 7 dengan mengklik tombol Start, ketikkan nama berkas melalui keyboard dan tekan Enter. Hasil pencarian akan ditampilkan. Klik berkas atau folder yang Anda inginkan. Untuk windows 8 dengan mengeklik tombol Start untuk menuju ke layar Start, kemudian ketikkan nama berkas yang Anda maksud. Hasil pencarian akan ditampilkan di sebelah kanan layar. Klik berkas atau folder yang Anda inginkan untuk membukanya.

3.2         Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, makalah ini mempunyai banyak kekurangan dan jauhnya dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran  yang bersifat membangun sangat lah penulis harapkan terutama dari bapak dosen pembimbing dan rekan pembaca sekalian demi kesempurnaan makalah ini dimasa mendatang, semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan kita.


DAFTAR PUSTAKA

http://ummirahmi-it11.blogspot.com/2013/03/makalah-searching.html
http://korbul.blogspot.com/2016/11/makalah-searching.html
http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-pencarian/
http://suryandari97.blogspot.com/2016/01/pengertian-serching-dan-macam-macam.html
https://edu.gcfglobal.org/en/dasar-dasar-windows/mencari-berkasberkas-di-komputer-anda/1/
https://notemuza.blogspot.com/2020/01/makalah-administrasi-umum-tentang.html


No comments:

Post a Comment