Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Sunday, October 29, 2023

Makalah Bahasa Indonesia Tentang "Karya Ilmiah"

MAKALAH
Bahasa Indonesia
“Karya Ilmiah”


D
I
S
U
S
U
N
OLEH:


KELOMPOK ....
1. .........................................
2. .........................................
3. .........................................
4. .........................................
5. .........................................


SMA/SMK ..........................................................
TAHUN AJARAN 20..../20....

KATA PENGANTAR
 
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
 
Dengan menyebut nama Allah Subhana Wa Ta’ala yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebuah pembahasan tentang “Karya Ilmiah”.
Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu. dimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inspirasi terhadap pembaca.
 
Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Palembang,    ........................ 20.....
Penulis



(..............................................)

 
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
 
BAB I PENDAHULUAN
         A.   Latar Belakang
         B.   Rumusan Masalah
         C.   Tujuan
         D.   Manfaat

BAB II PEMBAHASAN.. 3
         A.   Pengertian Karya Ilmiah
         B.   Prinsip-Prinsip Karya Ilmiah
               1.    Etika Dalam Penulisan Karya Ilmiah
               2.    Proses Berpikir Ilmiah
               3.    Syarat-Syarat Karya Ilmiah
         C.   Cara Membedakan Karya Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non – Ilmiah

BAB III PENUTUP.. 12
         A.   Kesimpulan
         B.   Saran

DAFTAR PUSTAKA
 
 

BAB I
PENDAHULUAN

 
A.      Latar Belakang
Menulis karya ilmiah adalah hal yang pasti akan di lakukan oleh setiap mahasiswa, karena menulis karya ilmiah merupakan syarat wajib yang harus di lakukan untuk mendapatkan gelar study nya, seperti contoh study D3 harus membuat laporan tugas akhir, D4 atau S1 harus membuat skripsi, S2 membuat tesis dan S3 membuat disertasi. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi setiap mahasiswa untuk mengetahui apa itu karya ilmiah dan syarat-syarat serta metode-metode dalam pembuatan karya ilmiah.
Dan tidak sedikit pula mahasiswa yang ingin mengembangkan skill nya dalam bidang tulis menulis, terkhusus dalam karya ilmiah, namun skill tulis menulis layak nya anak kecil yang sedang belajar mengendarai sepedah, ia hanya butuh waktu satu bulan bahkan kurang dari itu, untuk dapat mengendarainya, namun ia butuh waktu berbulan-bulan agar ia dapat menjadi seorang pembalap sepedah. Sama halnya kita belajar menulis, hanya butuh waktu singkat untuk dapat menulis, namun untuk menjadi penulis yang ditunggu-tunggu bacaan nya  oleh pembacanya butuh waktu yang cukup lama, dan ketekunan yang ulet.
Namun banyak juga mahasiswa yang ragu bahkan tidak ada niatan sama sekali untuk mumbuat sebuah karya tulis ilmiah, dan apabila di hadapkan dengan sebuah tugas karya ilmiah mereka bingung, menunda-nunda dan pada akhirnya tengok kanan tengok kiri ambil sana ambil sini bahkan juga ada pula yang tidak mengerjakan,  semua ini tidak lain dan tidak bukan karena mereka belum faham dan mengerti apa itu sebuah karya ilmiah, prinsip-prinsip karya ilmiah, dan cara membedakan karya ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah.
Oleh karena itu kami menyusun makalah ini dengan tema pengenalan terlebih dahulu tentang karya ilmiah, agar teman-teman mahasiswa tau dan kenal terlebih dahulu tentang karya ilmiah, serta selanjutnya akan tumbuh sebuah nitan dan keinginan untuk menulis sebuah karya ilmiah.

B.       Rumusan Masalah

a.)       Apa yang dimaksud dengan karya ilmiah?

b.)      Apa prinsip-prinsip karya ilmiah?

c.)       Bagaimana cara membedakan karya ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah

 
C.      Tujuan
a.)       Untuk mengetahui pengertian karya ilmiah

b.)      Untuk mengetahui prinsip-prinsip karya ilmiah

c.)       Untuk mengetahui bagaimana cara membedakan karya ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah

 
D.      Manfaat

Untuk melatih kreativitas mahasiswa dalam menuangkan gagasan pemikirnnya tentang suatu kajian atau topik-topik yang sudah dialaminya. Disini secara tidak langsung penulis juga dilatih untuk menerapkan kemampuan berfikir secara logis dan sestematis, kemampuan membahasakan , kemampuna menganalisis kritik dll.


 
BAB II
PEMBAHASAN
 
A.      Pengertian Karya Ilmiah
Karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (observasi, eksperimen, kajian pustaka). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (observasi, eksperimen, kajian pustaka).
Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Karya ilmiah adalah tulisan yang berisikan ilmu pengetahuan dan kebenaran ilmiah yang disusun secara sistematis menurut metode penulisan ilmiah dengan menggunakan ragam bahasa resmi. Karya ilmiah merupakan laporan ilmiah yang dapat berupa laporan kajian dan penelitian. Karya ilmiah dibuat untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan bentuknya dapat berupa makalah, skripsi, dan laporan penelitian.
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau penelitian. Tujuannya untuk memberitahukan suatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai suatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan. Dengan demikian sudah selayaknya jika tulisan ilmiah sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual) dan belum pernah ditulis orang lain.
 
Berikut adalah beberapa definisi dari karya ilmiah menurut para ahli:
a.)      Menurut Suharsimi Arikunto, karya ilmiah adalah hasil penelitian atau studi sistematis yang dilakukan oleh seorang penulis untuk menjawab suatu masalah atau menguji suatu hipotesis dengan menggunakan metode ilmiah.

b.)      Menurut Sunarto, karya ilmiah adalah hasil kegiatan penelitian atau pengkajian yang dilakukan secara sistematis dan terencana dengan tujuan menghasilkan pengetahuan yang bersifat ilmiah.

c.)      Menurut Nazaruddin Sjamsuddin, karya ilmiah adalah suatu karya tertulis yang hasilnya diperoleh dari penelitian, pengkajian, atau observasi yang dilakukan secara ilmiah dengan menggunakan metode-metode penelitian yang terstandar.

d.)     Menurut Djoko Santoso, karya ilmiah adalah suatu karya yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah dan berisi hasil penelitian atau pengamatan yang dianalisis secara kritis dan sistematik untuk menghasilkan pengetahuan baru atau untuk memperbaiki pengetahuan yang sudah ada.

e.)      Menurut Slameto, karya ilmiah adalah suatu bentuk hasil kerja yang melibatkan pengkajian atau penelitian dengan menggunakan metode-metode ilmiah yang diperoleh melalui proses yang sistematis dan terencana.

 
Secara umum, dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah adalah suatu hasil kajian atau penelitian yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan menggunakan metode ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan baru atau memperbaiki pengetahuan yang sudah ada.
 
B.       Prinsip-Prinsip Karya Ilmiah
Prinsip-prinsip menulis karya ilmiah terbagi menjadi tiga, yaitu:
1.         Etika dalam penulisan karya ilmiah

2.         Proses berpikir ilmiah

3.         Syarat-syarat karya ilmiah

 
1.         Etika Dalam Penulisan Karya Ilmiah
 1.        Akurat dalam menuli

 2.        Jujur dalam menulis
 3.        Menjunjung tinggi tanggung jawab, kerjakan sesuai deadline
 4.        Tidak boleh mengubah fakta dengan dugaan
 5.        Tidak boleh menyembunyikan kebenaran dengan menggunakan ambiguitas
 6.        Tidak boleh menggunakan ide orang lain tanpa memberikan keterangan secara jelas
 7.        Tidak boleh melanggar hak cipta
 8.        Tidak memanipulasi data atau grafik
 9.        Tidak memasukkan dugaan pribadi dalam laporan
 
2.         Proses Berpikir Ilmiah

 a)      Berpikir deduktif

Menarik kesimpulan dari pernyataan umum menuju pernyataan-pernyataan khusus dengan menggunakan penalaran atas rasio. Hasil berpikir deduktif dapat digunakan untuk menyusun hipotesis.
 b)     Berpikir induktif

Mengambil kesimpulan dimulai dari pernyataan-pernyataan atau fakta-fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum.enarik kesimpulan umum dari data khusus berdasarkan pengamatan tidak menggunakan rasio atau penalaran tetapi menggunakan cara lain, yakni menggeneralisasikan fakta melalui statistik.
c)       Berpikir ilmiah

Gabungan deduktif dan induktif. Hipotesis didapat dari teori,kemudian diuji melalui verifikasi data secara empiris. Langkah-langkahnya ialah:
·      Merumuskan masalah, yakni mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab. Pertanyaan yang diajukan hendaknya mengandung banyak kemungkinan jawabannya.

·      Mengajukan hipotesis, yakni jawaban sementara atau dugaan jawaban dari pertanyaan di atas. Hipotesis diturunkan dari kajian teoritis penalaran deduktif.

·      Verifikasi data, mengumpulkan data secara empiris kemudian mengolah dan menganalisis data ntuk menguji benar tidaknya hipotesis.

·     Menarik kesimpulan, menentukan jawaban-jawaban definitive dari setiap masalah yang diajukan atas dasar pembuktian atau pengujian secara empiris.

 
3.         Syarat-Syarat Karya Ilmiah
 1.      Berdasarkan hasil penelitian
 2.      Pembahasan bersifat obyektif sesuai dengan fakta
 3.      Mengandung masalah yang sedang dicarikan pemecahannya.
 4.      Penyajian dan pemecahan masalah menggunakan metode tertentu.

 5.      Bahasa yang digunakan lengkap, terperinci, teratur, dan cermat.

 6.      Bahasa yang digunakan harus jelas dan tepat sehingga tidak menimbulkan kesalahan penafsiran

 
Oleh sebab itu, seorang peneliti haruslah:
1.        Memahami masalah yang sedang diteliti

2.        Memahami metode penelitian yang digunakan

3.        Mengetahui cara teknik menulis karangan ilmiah

4.        Menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar

 
Ada beberapa prinsip utama dalam karya ilmiah, di antaranya:
1.       Objektivitas: Karya ilmiah harus didasarkan pada fakta yang dapat diuji dan diukur secara obyektif, serta tidak dipengaruhi oleh sudut pandang pribadi atau bias.

2.       Metodologi: Karya ilmiah harus mengikuti metode ilmiah yang terbukti efektif dalam menghasilkan data dan informasi yang dapat dipercaya.

3.       Reproduktibilitas: Hasil karya ilmiah harus dapat direproduksi oleh orang lain yang menggunakan metode dan teknik yang sama.

4.       Peer-review: Karya ilmiah harus melewati proses peer-review, yaitu penilaian oleh sejawat ahli di bidang yang sama untuk mengevaluasi kualitas dan validitasnya.

5.       Kesederhanaan: Karya ilmiah harus ditulis dengan jelas dan mudah dipahami oleh orang awam, sehingga dapat diakses dan dimanfaat-kan oleh masyarakat.

6.       Keabsahan: Karya ilmiah harus didasarkan pada sumber data yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan, serta tidak mengandung plagiarisme atau manipulasi data.

7.       Keterbukaan: Karya ilmiah harus transparan dan terbuka untuk dikritisi, serta dapat dipertanggungjawabkan oleh para peneliti dan masyarakat luas.

 
Ada beberapa prinsip-prinsip dasar dalam karya ilmiah
1.       Objektivitas: Karya ilmiah harus didasarkan pada fakta, data empiris, dan bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif. Ilmuwan harus menghindari prasangka dan mempertimbangkan semua sudut pandang dengan adil.

2.       Sistematika: Karya ilmiah harus disusun secara sistematis dan logis. Setiap bagian harus terkait dengan topik utama dan terorganisir dengan baik.

3.       Reproduktif: Hasil karya ilmiah harus dapat direproduksi atau diulang dengan cara yang sama oleh orang lain, sehingga hasilnya dapat diverifikasi dan diuji kembali.

4.       Kritis: Ilmuwan harus menggunakan metode ilmiah untuk menguji hipotesis dan menyimpulkan temuan mereka. Mereka harus mempertimbangkan semua kemungkinan dan mengevaluasi data secara kritis.

5.       Inovatif: Karya ilmiah harus memberikan kontribusi baru dan signifikan untuk pengetahuan yang sudah ada, menawarkan pemikiran dan perspektif baru, atau memberikan solusi baru untuk masalah yang ada.

6.       Etika: Ilmuwan harus mematuhi standar etika yang tinggi dalam melakukan penelitian, termasuk menjaga kerahasiaan informasi yang sensitif dan memastikan kesejahteraan partisipan penelitian atau subjek.

7.       Komunikatif: Hasil karya ilmiah harus dikomunikasikan secara jelas dan terbuka kepada orang lain, baik dalam bentuk presentasi atau publikasi ilmiah, sehingga dapat diuji dan dipertimbangkan oleh orang lain dalam masyarakat ilmiah.

 
1.)      Karya Ilmiah

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Menurut pengertian lain karya ilmiah adalah tulisan yang berisi argumentasi penalaran keilmuan yang dikomunikasikan lewat bahasa tulis yang formal dengan sistematis-metodis dan menyajikan fakta umum serta ditulis menurut metedologi penulisan yang benar. Karya ilmiah ditulis dengan bahasa yang konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya teknis dan dan didukung fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya.
 
Karya ilmiah mempunyai 3 ciri yaitu:
a.        Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif). Artinya sesuai dengan objek yang diteliti.

b.       Bersifat metodis dan sistematis

c.       Menggunakan ragam bahasa ilmiah yang baku dan formal, bahasanya bersifat lugas agar tidak menimbulkan penafsiran dan makna ganda.

 
Macam-Macam Karya Ilmiah:
a.)      Karya Ilmiah Pendidikan

Karya Ilmiah pendidikan digunakan untuk tugas meresume pelajaran, serta persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan, karya ilmiah terdiri dari :
1.       Paper ( Karya Tulis)

2.       Pra Skripsi

3.       Skripsi yaitu karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain.

4.       Thesis yaitu karya tulis ilmiah yang sifatnya lebih mendalam daripada skripsi.

5.        Disertasi yaitu karya tulis ilmiah yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasar data dan fakta yang sahih dengan analisi yang terinci.

 
b.)      Karya Ilmiah Penelitian

Karya ilmiah penelitian terdiri dari:
1.        Makalah seminar

2.        Laporan hasil penelitian

3.        Jurnal Penelitian

 
2.)      Semi Ilmiah

Semi Ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi panulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya. Semi ilmiah ini juga merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya pun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misalnya dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen. Karakteristiknya berada diantara karya ilmiah.
 
Ciri-Ciri Semi Ilmiah:
a.        Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.

b.       Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.

c.       Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif. Kritik tanpa dukungan bukti.

 

Contohnya:

Manga, merupakan sebutan untuk komik di Jepang. Tidak ada yang tahu secara pasti kapan komik masuk pertama kali ke Jepang, tetapi pada mulanya komik Jepang adalah peniruan dari film animasi Walt Disney oleh Ozamu Tezuka (1928-1989) dan merupakan cikal bakal dari komik Jepang modern. Beliau mengekspresikan gerakan film-film animasi Walt Disney ke dalam komik Jepang. Karya-karya beliau setelah akhir perang dunia II membuka era baru untuk komik Jepang.
 
3.)      Karya Non Ilmiah

Karya non ilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subjektif, gaya bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan popular. Satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Kisah rekaan itu dalam praktik penulisannya juga tidak boleh dibuat sembarangan, unsur-unsur seperti penokohan, plot, konflik, klimaks, setting dan sebagainya.
 
Ciri-Ciri Karya Non Ilmiah:
      Bersifat persuasive

      Ditulis berdasarkan fakta pribadi

      Fakta yang disimpulkan subyektif

      Bersifat imajinatif

      Gaya bahasa konotatif dan popular

      Situasi didramatisir

      tidak memuat hipotesis

      Penyajian dibarengi dengan sejarah

 

Contoh:

Karya non ilmiah diantaranya cerpen, puisi, novel, komik.

 

Karya non ilmiah bersifat:

1.       Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.

2.       Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berpikir pembaca dan cukup informative.

3.       Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.

4.       Kritik tanpa dukungan bukti.

 
 

 

Berdasarkan teori yang dijabarkan, serta definisi yang telah disampaikan tadi maka dapat di simpulkan bahwa.
      Karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (observasi, eksperimen,dan kajian pustaka)

      Macam-macam karya ilmiah ada dua jenis yaitu

1)   Karya ilmiah pendidikan

2)   Karya ilmiah penelitian.

      Prinsip-prinsip karya ilmiah objektivitas, metodologi, reproduksibilitas, peer-review, kesederhanaan, kebahasan, dan keterbukaan.

 
Setelah melihat perbedaan karya ilmiah dan non ilmiah maka kami sebagai penyusun makalah menyarankan.
       Bisa membedakan yang mana karya ilmiah dan bukan non ilmiah

       Bisa dapat mengerti definisi karya ilmiah

       Bisa dapat mengerti definisi karya non ilmiah

       Bisa dapat mengerti definisi semi ilmiah

 

 
https://notemuza.blogspot.com/2023/10/makalah-bahasa-indonesia-tentang-karya.html

No comments:

Post a Comment