Biarkan kata-kata aneh terbentuk, hanya menuangkan semuanya disini karna itu didalam pikirku

Thursday, September 12, 2019

Bulan Haram

Majelis Ilmu Fiqih Bersama
Ustadz Ahmad Syarifuddin, S.Th.I

Bulan Haram

Haram berasal dari kata Hurum yang artinya yang dimuliakan
Bulan Haram dalam islam terdiri dari 4 bulan yaitu:
1.     Muharram
2.     Rajab
3.     Dzulqaidah
4.     Zulhijah
Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an:
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”(QS: at-Taubah: 36)
Lebih lanjut empat Bulan Haram tersebut dijelaskan juga dalam Hadits:
"Sesungguhnya zaman ini telah berjalan (berputar), sebagaimana perjalanan awalnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi, yang mana satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga bulan yang (letaknya) berurutan, yaitu Dzulkaidah, Dzulhijah, dan Muharam. Kemudian Rajab yang berada di antara Jumadil (Akhir) dan Syaban." (HR Bukhari : 4385 dan Muslim : 1679).
Dari penjelsan Qur’an Surah At-Taubah ayat 36, pada ke-empat bulan haram tersebut janganlah engkau melakukan perbuatan dosa/maksiat dibulan haram tersebut. Apabila melakukannya maka dosa/maksiat yang engkau lakukan akan dilipat gandakan dan sebalinya apabila kau memperbanyak ibadah dibulan haram tersebut maka pahala yang engkau dapat akan dilipat gandakan pula.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Bulan Haram (Walaupun bukan dibulan haram hal tersebut jangan perna dilakukan)
-      Bermaksiat/Berbuat Dosa
·      Gibah
·      Berbuat Syirik
·      Meninggalkan Ibadah Wajib (Contoh Sholat)
·      Dll

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan dan Diperbanyak Di Bulan Haram (Walaupun bukan dibulan haram hal tersebut harus tetap dilakukan)
-      Memperbanyak Ibadah
·      Dzikir
·      Bersholawat
·      Puasa Sunnah
(Contoh Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Senin Kamis, dan Puasa Daud)
·      Memperbanyak Sholat Sunnah
(Contoh Sholat Sunnah Rawatib, Baitul Masjid, Tahajud, Taubat dll)
·      Memperbanyak Do’a
·      Dll

Catatan Diluar Tema
Apabila engkau melakukan perbuat Syirik maka hilanglah semua amalan-amalan dan semua pahalamu. Seperti tertera di surah An-An’am ayat 88
Andai mereka melakukan perbuatan syirik, maka akan hilang semua amal yang pernah mereka kerjakan. (QS.Al-An’am [6] : 88)

Jenis-Jenis Syirik
1.    Syirik Besar
adalah memalingkan suatu bentuk ibadah kepada selain Allah, seperti berdo’a kepada selain Allah atau mendekatkan diri kepadanya dengan penyembelihan kurban atau nadzar untuk selain Allah, baik untuk kuburan, jin atau syaithan, dan lainnya.
2.    Syirik Kecil
Syirik kecil tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam, tetapi ia mengurangi tauhid dan merupakan wasilah (jalan, perantara) kepada syirik besar.

Tiga Hal Yang Menghilangkan Balaq
1.     Do’a
2.     Shadaqoh
3.     Silaturahim

No comments:

Post a Comment